oleh

Dihadiri Pj Bupati, Dinas Ketahana Pangan Gelar Rakor Kesiapan Lomba Desa Ketahanan Pangan di Sinjai

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Pemerintah Kabupaten Sinjai, bersama dengan berbagai stakeholder terkait, berkomitmen untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat desa.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Desa Ketahanan Pangan tingkat Kabupaten.

Lomba yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan ini bertujuan untuk mendorong desa-desa yang mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangannya serta mampu meningkatkan indeks ketahanan pangan dan pola pangan harapan masyarakat.

Rapat koordinasi ini digelar Dinas Ketahanan Pangan pada Jumat, (02/08/2024) di ruang kerja Kepala Dinas yang dihadiri langsung oleh Pj Bupati, Pj Ketua TP PKK, Kepala Dinas Ketahanan Pangan serta para pemangku kepentingan terkait lainnya.

Rapat yang digelar ini membahas strategi dan langkah-langkah konkrit dalam mempersiapkan desa-desa di Kabupaten Sinjai yang akan mengikuti lomba tersebut.

Baca Juga:  Berkat Bantuan Mizar Roem, Warga Pattalassang Sinjai Bisa Memperbaiki Saluran Irigasinya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Andi Himawan Saleh menyampaikan sejumlah indikator penilaian yang akan menjadi fokus dalam lomba ini, seperti ketersediaan pangan lokal, inovasi dalam pengelolaan pangan, serta peran serta masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Kami berharap seluruh pihak dapat bersinergi dan bekerja sama untuk menyukseskan lomba desa ketahanan pangan ini,” ujarnya.

Selain itu Kadis Ketahanan Pangan menambahkan bahwa sebagai tahap awal akan dilakukan verifikasi pada bulan Agustus dan untuk penilaiannya pada bulan September 2024 mendatang

“Hasil dari lomba ini yang akan mewakili Kabupaten Sinjai di ajang lomba tingkat propinsi nantinya”tambahnya.

Penjabat Bupati Sinjai dalam arahannya menekankan pentingnya melakukan sensus desa secara menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa desa yang diusulkan telah memenuhi kriteria penilaian yang meliputi ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan, dan pemanfaatan pangan.
“Desa yang kita usulkan harus benar-benar siap dan mampu menunjukkan capaian yang signifikan dalam ketiga aspek tersebut,” tegas Fahsul Falah.

Baca Juga:  Begini Cara Siswa SD 45 Kampung Boja Sinjai Meriahkan HUT RI ke-77

Senada dengan hal itu, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati, juga turut memberikan masukan.

Ia menekankan pentingnya peran masyarakat dan rumah tangga dalam meningkatkan ketahanan pangan, khususnya melalui pengembangan pekarangan pangan lestari.

“Dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, kita yakin dapat menciptakan desa yang lebih mandiri dan tangguh dalam menghadapi tantangan pangan,” ujarnya.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi, telah disepakati beberapa desa yang akan diusulkan untuk mengikuti lomba yaitu Desa Lamatti Riattang, Desa Barania, Desa Arabika, dan Desa Saohiring.

Baca Juga:  Pj Bupati Sinjai Buka Pelatihan Keterampilan Bagi pencari Kerja dan Anak Putus Sekolah

Desa-desa ini dinilai memiliki potensi

Berdasarkan hasil rapat koordinasi, telah disepakati beberapa desa yang akan diusulkan untuk mengikuti lomba yaitu Desa Lamatti Riattang, Desa Barania, Desa Arabika, dan Desa Saohiring.

Desa-desa ini dinilai memiliki potensi yang besar untuk meraih prestasi dalam lomba ini.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, Kabupaten Sinjai optimis dapat melaksanakan lomba desa ketahanan pangan ini dan dapat menjadi acuan bagi desa-desa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba yang pada akhirnya dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sinjai secara keseluruhan.

Komentar