oleh

Diklat Capaskibraka Dimulai, Pj Bupati Sinjai Harap HUT ke-79 RI Sukses

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Penjabat (Pj) Bupati Sinjai TR Fahsul Falah membuka pemusatan pendidikan dan pelatihan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaskibraka) tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2024, yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sinjai.

Pembukaan pemusatan Capaskibraka ini dilakukan melalui upacara yang dipimpin langsung Pj Bupati Sinjai, di Alun-Alun Lapangan Sinjai Bersatu, Jumat (02/08/2024).

Sebanyak 70 Siswa-siswi yang duduk dibangku kelas sepuluh mengikuti pemusatan ini, mereka perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat se-Kabupaten Sinjai yang lolos seleksi.

Baca Juga:  Pj. Fahsul Falah Ingatkan Masyarakat Sinjai Pilih Pemimpin dengan Hati Nurani-Jujur Tanpa Uang

Menurut penuturan Kepala Badan Kesbangpol Muh. Akbar Juhamran dari 70 Siswa-siswi, 37 diantaranya merupakan laki-laki sementara 33 lainnya adalah perempuan.

Juhamran juga menjelaskan pemusatan ini dilakukan untuk menyukseskan program kaderisasi dan calon pemimpin bangsa yang berkarakter pancasila.

Selain itu juga untuk mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera pusaka yang menjadi tugas Paskibraka dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

“Adapun maksud dan tujuan pemusatan ini selain untuk menyukseskan program kaderisasi dan melahirkan regenerasi Paskibraka, juga untuk menyukseskan upacara peringatan HUT RI dan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota,” jelasnya dalam Berbagai.

Baca Juga:  Pemda Sinjai Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sementara Pj Bupati Sinjai dalam Segalanya menyampaikan pemusatan ini memiliki arti dan peran penting. Menurut TR Capaskibraka inilah yang akan menentukan berhasil tidaknya peringatan 17 Agustus nanti.

Oleh karena itu, Pj Bupati Sinjai berharap panitia pelaksana dapat menjadikan pemusatan ini sebagai sarana pembentukan karakter bangsa (Character Building) dengan terus memadukan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta.

“Tanggal 17 nanti merupakan hasil dari pemusatan dan pelatihan ini. Berhasil tidaknya pengibaran bendera ditentukan salah satunya dari pemusatan ini. Maka kami berharap pemusatan ini dilakukan dengan baik dan benar,” terang Pj Bupati Sinjai.

Baca Juga:  Pj Bupati Sinjai Hadiri Pelantikan Sekertaris Provinsi Sulawesi Selatan

Pengetahuan pemusatan ini dilakukan hingga tanggal 18 Agustus mendatang pada dua tempat yakni Alun-Alun Lapangan Sinjai Bersatu dan Wisma Sanjaya.

Turut hadir dalam upacara ini Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Andi Irwansyahrani Yusuf, perwakilan Forkopimda, beberapa Kepala OPD, perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah V, serta beberapa pihak terkait.

Awal mulanya pemusatan ini ditandai dengan pemasangan pelatihan jaket dan tanda pengenal peserta.

Komentar