oleh

Dukung ketahanan Pangan, Ratusan Siswa SD IT Muklisiin Kunjungi Fresko Belajar Pertanian Organik

Editor:

GOWA, Jendela Satu— Fresko Organik Fram (Fresko) dapat kunjungan studi dari Siswa Dasar (SD) IT Mukhlisiin, pada 24/25 September 2024.

Diketahui CV Fresko Organik beralamat di Desa Paccelekang, Kecamatan Patalassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kunjungan tersebut didampingi puluhan Guru siswa.

Hal ini merupakan bagian dari upaya Guru untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa kelas 4 dan 5 dalam mempelajari dan memahami teori pertanian.

Kedatangan rombongan SD IT Mukhlisiin disambut hangat oleh Direktur Fresko dan jajaranya.

Dari pantauan Jendela Satu, nampak para Siswa sangat senang dengan berbagai keunikan tanaman pertanian organik di Fresko.

Mereka diajak mengelilingi lahan fasilitas pertanian yang ada di Fresko.

Baca Juga:  Tatap Muka Ibu Asuh Polda Sulsel Dengan Polwan Jajaran Polda Sulsel, Polwan Brimob Bone Sisipkan Satu Harapan

Ia nampak membedakan berbagai sayur seperti Selada, Kangkung, Aragula, Kale, Bayam Brazil, Mint, Dill, Pakcoy, Sawi, Kenikir, Tomat, Bayam Hijau, Bayam Merah, Bayam Batik, Oak Merah, Oak Hijau, Butterhead, Sereh, Selada Romain, Kailan.

Tidak hanya itu, para siswa juga mempelajari teknik-teknik dasar dalam menanam tanaman, mulai dari pengenalan jenis tanah, pengelolaan lahan, tinggi bedengan dan lebar bedengan yang akurat.

Ia juga mempelajari cara pembuatan pupuk organik.

Selain dari berbagai ragam tanaman, Siswa juga memasuki kandang ternak Ayam dan Kelinci di Fresko.

Ia membedakan jenis makanan bahkan ciri-cirinya.

Supriadin, Kepala Sekolah SD IT Mukhlisiin mengatakan bahwa anak muridnya tidak hanya mempelajari materi, tetapi ia juga terjun langsung kelokasi pertanian agar memastikan lansung bagaimana proses bertani dengan baik.

Baca Juga:  Cerita Petani di Sulsel Tertipu Ratusan Juta Usai Beli Kopi Online

“Kami terjun langsung ke Fresko dimana tempat ini kita bisa mempelajari lebih banyak terkait pertanian,” ucapnya pada saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut, Supriadin mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Fresko terutama Direktur, karna telah membukakan ruang anak murid kami untuk belajar.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Fresko, karna bisa membantu kami membimbing generasi bangsa, dimana tempat ini kami anggap luar biasa sebagai tempat belajar,” tuturnya.

Sementara Direktur Presko, Muhammad Agraputra rivay, mengatakan bahwa ini adalah langka awal bagaiamana anak-anak kita untuk mempelajari pertanian.

Baca Juga:  Kebakaran di Sinjai Tegah Hanguskan 1 Rumah Panggung dan 2 Unit Motor, Ini Penyebabnya

“Ini sangat bagus dan kami senang atas kunjungan ini, karena ini salah satu cara untuk mengenalkan pertanian ke anak muda sedini mungkin, supaya generasi muda pertanian tidak berhenti dan nantinya mereka suka dengan dunia pertanian,”Katanya.

Lanjut, Agraputra Rivay juga mengatakan bahwa semoga ilmu yang di dapatkan ditempat kami bisa diimplementasikan kepada seluruh siswa yang berkunjung.

“Semoga dengan kedatangan mereka bisa mempelajari dan menerapkan apa yang telah dipelajari selama kunjungan dalam kehidupan sehari-hari serta menjaga kelestarian alam melalui kegiatan pertanian yang ramah lingkungan,” tutup Agraputra Rivay.

Komentar