oleh

Satlantas Polres Sinjai Sosialisasi Ops Zebra 2024 Di MAN 1 Sinjai

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Memasuki hari Ke-10 Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sinjai melaksanakan kegiatan Operasi Zebra Pallawa 2024 dengan memberikan sosialisasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sinjai, Rabu (23/10/2024).

Kegiatan dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Sinjai Akp Muh Arsyad didampingi Kanit Kamsel Ipda Askar AS bersama personel yang tergabung dalam satgas preemtif, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas di kalangan pelajar.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Lantas Polres Sinjai memberikan edukasi terkait peraturan lalu lintas dan kelengkapan saat menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya, dan sosialisasi mengenai operasi zebra Pallawa – 2024 yang sedang digelar selama 14 hari dari tanggal 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024.

Baca Juga:  Dugaan Reses Fiktif, 45 Anggota DPRD Bone Dilaporkan ke Kejati dan BPK

Kasat Lantas AKP Muh. Arsyad, mengatakan bahwa sosialisasi di sekolah-sekolah ini penting agar para pelajar memahami aturan berlalu lintas.

“Dalam kegiatan ini, kami mengedukasi pelajar untuk selalu taat dan patuh akan peraturan berlalu lintas demi keselamatan pribadi maupun pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Kepada pelajar, dijelaskan pula pentingnya tata tertib dan etika berlalu lintas demi mencegah fatalitas kecelakaan, menciptakan rasa aman dijalan serta wujud menghargai pengguna jalan lainnya.

“Hal ini penting untuk dipatuhi demi mencegah dan meminimalisir pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain sekaligus menjadi contoh bagi pelajar lainnya,” tuturnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Pelayanan, Kasat Lantas Polres Sinjai Lakukan Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas

Disampaikan pula jenis-jenis pelanggaran yang menjadi prioritas selama pelaksanaan operasi Zebra Pallawa 2024 diantaranya pengguna kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm SNI dan berboncengan lebih dari satu orang.

Jenis pelanggaran berikutnya yakni pengendara di bawah umur, melawan arus, menggunakan handpone saat berkendara, serta berkendara melebihi batas kecepatan. berkendara, di bawah pengaruh alkohol, ranmor over load dan over dimensi.

“Dari berbagai pelanggaran tersebut, diharapkan pelajar menghindarinya, selalu terapkan disiplin dan etika berkendara serta mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Sinjai menutup kegiatan dengan mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Pallawa 2024 ini.

Baca Juga:  Hari Ke-11 Operasi Patuh 2024, Polres Sinjai Gencar Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

Dia berharap kesadaran berlalu lintas semakin meningkat dan angka kecelakaan bisa diminimalisir, terutama yang melibatkan kalangan muda seperti pelajar.

“Mari kita bersama-sama mendukung Operasi Zebra 2024 dengan tertib berlalu lintas. Ingat, pelanggaran lalu lintas adalah awal dari kecelakaan, dan keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Operasi Zebra Pallawa 2024 yang berlangsung selama 14 hari dan selain penindakan terhadap pelanggar, kegiatan preventif seperti sosialisasi di sekolah- sekolah dan masyarakat akan terus digencarkan oleh Polres Sinjai demi mewujudkan keamanan dan ketertiban di jalan raya.

Komentar