oleh

Qatar Ungkap 400-500 Pekerja Migran Meninggal Dalam Proyek Piala Dunia 2022

Editor:

QATAR, Jendela Satu— Ketua Panitia Pelaksana Piala Dunia Qatar Hassan Al-Thawadi mengungkapkan bahwa jumlah pekerja migran telah meninggal pada proyek yang berhubungan dengan kompetisi tersebut yaitu antara 400 dan 500.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Hassan Al-Thawadi dalam sebuah wawancara dengan jurnalis asal Inggris Piers Morgan yang ditayangkan di TalkTV, Senin (28/11/2022).

Al-Thawadi ditanya tentang jumlah kematian pekerja migran sebagai akibat dari pekerjaan yang dilakukan di turnamen tersebut.

“Perkiraannya sekitar 400, antara 400 dan 500 . Saya tidak punya angka pastinya, itu sesuatu yang sudah dibahas. Satu kematian terlalu banyak, sesederhana itu, ” jawab Hassan Al-Thawadi, mengutip dari situs CNN.com (30/11/2022).

Al-Thawadi menambahkan bahwa setiap tahun standar kesehatan dan keselamatan di situs meningkat.

“Saya pikir setiap tahun standar kesehatan dan keselamatan di situs meningkat, setidaknya di situs kami, situs Piala Dunia, yang paling pasti menjadi tanggung jawab kami, ” tuturnya
.
Pada November 2022, seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada CNN bahwa ada tiga kematian terkait pekerjaan di stadion Piala Dunia dan 37 kematian tidak terkait pekerjaan.

Baca Juga:  Pulang Dari Bertugas di Papua, Personel Brimob Bone Disuntik Vaksin Booster

Angka-angka itu ditegaskan kembali oleh juru bicara Komite Tertinggi Qatar untuk Pengiriman & Peninggalan (SC) pada hari Selasa, (29/11/2022).

“Kutipan terpisah mengenai angka mengacu pada statistik nasional yang mencakup periode 2014-2020 untuk semua kematian terkait pekerjaan (414) secara nasional di Qatar, yang mencakup semua sektor dan kebangsaan, ” ujarnya.

The Guardian, sementara itu, melaporkan tahun lalu bahwa 6.500 pekerja migran Asia Selatan telah meninggal di Qatar sejak negara itu dianugerahi Piala Dunia 2010, sebagian besar terlibat dalam pekerjaan berupah rendah dan berbahaya, yang sering dilakukan dalam suhu yang sangat panas. Laporan tersebut tidak menghubungkan 6.500 kematian dengan proyek infrastruktur Piala Dunia dan belum diverifikasi secara independen oleh CNN.

Namun, tahun lalu Al Thawadi selaku orang yang bertanggung jawab memimpin persiapan Qatar – membantah angka itu dan mengatakan kepada Becky Anderson dari CNN bahwa angka Guardian adalah “tajuk sensasional” yang menyesatkan dan laporan itu tidak memiliki konteks.

Sementara itu, seorang pejabat pemerintah Qatar mengatakan kepada CNN bulan lalu Angka 6.500 mengambil jumlah semua kematian pekerja asing di negara itu selama periode 10 tahun dan mengaitkannya dengan Piala Dunia.

Baca Juga:  Tidur Sambil Memegang Tropi, Postingan Lionel Messi Viral di Sosmed

“Ini tidak benar dan mengabaikan semua penyebab kematian lainnya termasuk penyakit, usia tua, dan kecelakaan lalu lintas. Juga tidak mengakui bahwa hanya 20% pekerja asing di Qatar yang bekerja di lokasi konstruksi, ” katanya.

Menurut Amnesty International, pekerja migran merupakan 90% dari total tenaga kerja Qatar.

Sejak Qatar dianugerahi Piala Dunia pada tahun 2010, banyak pekerja migran menghadapi upah yang tertunda atau tidak dibayar, kerja paksa, jam kerja yang panjang dalam cuaca panas, intimidasi majikan, dan ketidakmampuan untuk meninggalkan pekerjaan mereka karena sistem sponsor negara, organisasi hak asasi manusia telah ditemukan.

Melansir kembali dari CNN. com, Lebih lanjut, Morgan mempertanyakan apakah standar kesehatan dan keselamatan cukup baik pada awal proyek.

“Saya pikir secara keseluruhan kebutuhan akan reformasi tenaga kerja itu sendiri menentukan bahwa, ya, perbaikan harus terjadi, ”

“Agar kami jelas, ini adalah sesuatu yang diakui sebelum kami menawar. Peningkatan yang terjadi bukan karena Piala Dunia. Ini adalah peningkatan yang kami tahu harus kami lakukan karena nilai-nilai kami sendiri, ” terang Hassan.

Baca Juga:  GP. Ansor Sinjai Gelar Dzikir dan Doa Agar Bumi Panrita Kitta Terhindar Masalah yang Memecah Belah Persatuan

Ia mempertegas bahwa Piala Dunia berfungsi sebagai kendaraan, sebagai akselerator, sebagai katalisator karena sorotan yang kami kenali sejak awal.

“Piala Dunia berfungsi sebagai kendaraan, sebagai akselerator, sebagai katalisator karena sorotan yang kami kenali sejak awal, Itu menyebabkan banyak inisiatif ini tidak hanya dalam hal perbaikan undang-undang, tetapi juga dalam penegakannya, ”

“Dan di situlah hari ini kami sampai pada posisi di mana para kritikus kami yang paling bersemangat menganggap kami hari ini sebagai tolok ukur di kawasan ini. Di antara perubahan tersebut adalah perubahan signifikan dari sistem Kafala, yang memberi perusahaan dan warga negara kontrol atas pekerjaan pekerja migran dan status imigrasi, ” pungkasnya.

Menjelang Piala Dunia, yang dimulai awal bulan ini dan berakhir pada 18 Desember, Qatar mendirikan tujuh stadion baru, membangun hotel baru, dan memperluas bandara negara, jaringan kereta api, dan jalan raya.

Komentar