oleh

Brimob Bone Gelar Olah TPTKP dan TKP

Editor:

BONE, Jendela Satu— Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel gelar latihan Penyidik Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan olah (Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Markas Batalyon C Pelopor. Rabu, (23/02/2022).

Latihan penyidik TPTKP dan olah TKP untuk unit taktis Brimob ini diberikan dengan maksud dan tujuan agar personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dapat membekali kemampuan perorangan pada situasi tertentu/khusus seperti konflik sosial, rusuh massa, pertempuran hutan dan Karhutla.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, kepada awak media di ruang kerjanya.

“Secara teknis, kemampuan TPTKP dan olah TKP hanya dimiliki oleh tim INAFIS satuan kewilayahan, namum latihan ini kami laksanakan untuk menambah pengetahuan dan membekali anggota agar saat berada di medan operasi khususnya di tengah hutan minimal kami dapat mengamankan TKP sebelum INAFIS kewilayahan tiba di lokasi sehingga informasi terkait tindak pidana yang terjadi di TKP dapat kita berikan kepada penyidik dengan akurat , ” ujar Nur Ichsan.

Baca Juga:  Breaking News: Rumah Panggung di Desa Baru Sinjai Terbakar, Damkar Terjunkan 3 Armada

Lebih lanjut Danyon Ichsan juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan satuan, utamanya di daerah operasi yang mana pada situasi tertentu unit taktis Brimob ini bisa berperan sebagai tim olah TKP.

“Rencananya ke depan anggota Brimob yang telah dilatih TPTKP dan Olah TKP serta dinyatakan sudah mahir akan diajukan Surat Keputusan ( Skep) sebagai penyidik pembantu, tentu nya dengan pangkat yang memenuhi syarat sebagai penyidik pembantu sehingga ada payung hukum saat kami melaksanakan tugas tersebut utamanya saat berada di medan operasi,” pungkasnya.

Penulis: Taqwa

Komentar