oleh

Soal Surat Edaran Pilkades di Sinjai Harus Tunjukan Kartu Vaksin, Ini Kata SEMMI

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Sesuai Surat Edaran yang telah diterbitkan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kabupaten Sinjai, bahwa setiap pemilih diwajibkan menunjukkan kartu vaksin sebelum melakukan pencoblosan pada Pilkades Serentak 17 Maret 2022 mendatang. Jumat, (04/03/2022).

Hal tersebut ditolak oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI) Kabupaten Sinjai.

Melalui Ketua Bidang PAO DPC SEMMI Sinjai, Wahyudin, secara tegas meminta untuk aturan yang diwajibkan kartu Vaksin bagi pemilih Pilkades di Kabupaten Sinjai ditinjau ulang.

Baca Juga:  Begini Cara Danyon Brimob Bone Jaga Fisik dan Stamina Personelnya

“Karena hal tersebut dapat memicu konflik antara panitia penyelengara PPKD Desa dengan masyarakat
yang dapat menyebabkan proses pemilihan dapat terhambat,” katanya.

Lanjutnya, kemudian surat penyampaian  tentan wajib vaksin tersebut sebelumya telah di cabut dan jika ini diberlakukan kembali maka di khawatirkan tidak tersosialisasikan dengan baik.

“Mengigat waktu pelaksanaan pemilihan kepala Desa  tinggal 13 hari lagi. Kalau vaksin ini tetap di wajibkan bagi pemilih Pilkades maka yang akan direpotkan adalah panitia PPKD Desa dengan KPPS, karena otomatis banyak masyarakat yang tidak terima dan tetap memaksa untuk memilih,” ujarnya.

Baca Juga:  Jelang HUT Brimob ke-77, Brimob Bone Gelar Donor Darah dan Santunan Anak Yatim

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, A. Hariyani Rasyid mengaku telah mensosialisasikan hal tersebut kepada 54 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Hariyani saat rapat koordinasi (rakor) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sinjai yang dipimpin langsung Bupati Andi Seto Asapa di Gedung Pertemuan.

Baca Juga:  Unik! HUT Gerindra di Sinjai akan Diwarnai Lomba Berburu Babi

“Kami telah memassifkan sosialisasi kepada 54 desa yang mengikuti Pilkades Serentak untuk mengikuti dan menyukseskan percepatan vaksinasi,” katanya.

Hal itu dilakukan sebagai wujud percepatan vaksinasi di Kabupaten Sinjai sehingga dapat terbentuk kekebalan kelompok atau ‘Herd Immunity’ dalam menangkal Covid-19.

“Jadi selain untuk menjaga kekebalaan tubuh, vaksinasi ini penting dalam menyukseskan Pilkades yang akan dilakukan secara serentak di Kabupaten Sinjai,” kuncinya.

Komentar