oleh

Permasalahan Operator Sekolah Terselesaikan Melalui Bimtek Disdik dan FOPPSI Sinjai

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, bersama FOPPSI, sukses gelar bimbingan teknis (Bimtek) pelatihan pengelolaan data pokok pendidikan (Dapodik).

Suksesnya Bimtek tersebut dapat dilihat dari terselesaikannya persoalan-persoalan yang dihadapi oleh operator-operator sekolah yang ada di Kabupaten Sinjai selama ini.

Hal itu berangkat dari pernyataan yang diberikan oleh, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

“Ada beberapa sekolah yang selama ini menjadi polemik persoalan terkait Dapodik nya, yang tidak bisa sinkron dan kemarin terbukti setelah disampaikan ke pemateri saat itu juga sudah terjadi sinkronisasi data,” katanya.

Baca Juga:  Lolos dan Dapat Gelar Trainer Tersertivikasi Google News Initiativ, Badiana Merasa Bersyukur

“Inilah yang selama ini yang tidak pernah terjalin oleh Dinas Pendidikan dengan pihak Kementerian dan Alhamdulillah melalui teman-teman FOPPSI, kita difasilitasi untuk menyelesaikan persoalan persoalan yang dihadapi operator selama ini terkait pengimputan data sehingga beberapa persoalan sudah bisa terselesaikan,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Bimtek ini sangat diperlukan oleh operator sekolah.

Baca Juga:  Ternyata! Pelaku Penendang Motor Perempuan Adalah ASN Dispora Sinjai

“Operator sekolah sangat membutuhkan kegiatan yang seperti ini apalagi versi Dapodik itu setiap tahun berubah, jadi setiap semester itu berubah versinya dan memang harus diupdate, adapun yang bertindak sebagai pemateri merupakan orang yang ahli dalam mengelola Dapodik,” ujarnya.

Progres penginputan Dapodik di Kabupaten Sinjai untuk tahun 2022 ini bisa mencapai progres sampai 100% khusus dari PAUD sampai SMP, karena SMA dibawah kewenangan provinsi.

“Harapan kami bahwa dengan tersinkronisasinya data dapodik kami sangat berharap bahwa ini akan menjadi acuan kebijakan Kemendikbud dalam pengalokasian anggaran ke Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

Baca Juga:  Brimob Bone Gelar Nobar Wayang Orang Pandawa Boyong

Selain itu, melalui update yang dilakukan pada Dapodik ini juga mampu mengangkat kepercayaan Kementerian terkait terhadap pemerintah kabupaten Sinjai khususnya pada Dinas Pendidikan.

Seperti diketahui, Bimtek yang diadakan oleh Dinas Pendidikan tersebut bekerja sama dengan FOPPSI, kegiatan digelar mulai hari Rabu 02 Juni dan selesai hari ini Sabtu 04 Juni 2022.

Penulis: Taqwa Ainun

Komentar