oleh

Ujian Munaqasyah Santri LPPTKA BKPRMI Sinjai Diikuti Puluhan Santri

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sinjai menggelar Ujian Munaqasyah kepada puluhan santri Taman Kanak-kanak/Taman Pendidikan Al-Qur’an (TK/TPA) di Masjid Agung Nujumul Ittihad Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara.Minggu, (12/06/2022).

Direktur Daerah (Dirda) LPPTKA-BKPRMI Sinjai, Ustadz Munir Abram menjelaskan, ujian ini digelar untuk mencari 10 santri terbaik yang nantinya akan diwisuda pada Juli 2022 mendatang.

“Setelah melewati ujian per kecamatan, kita ambil 3 orang terbaik di masing-masing kecamatan untuk diseleksi di tingkat Kabupaten untuk mencari santri 10 terbaik yang nantinya akan diwisuda,” bebernya.

Ustadz Munir menjelaskan bahwa ujian digelar dengan menggunakan android atau berbasis IT yang nilainya langsung dapat diketahui para santri setelah menjawab pertanyaan dari penguji.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN-P IAIMS Turungan Baji Gelar Workshop Kewirausahaan dan Sosialisasi Bahaya Narkoba

“Ujian ini menggunakan android, tidak lagi menggunakan kertas. Jadi nilai santri itu langsung terinput pada server yang telah disiapkan oleh panitia,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan ujian munaqasyah, ada 5 materi pokok yang diujikan, diantaranya materi qiraat, praktik salat dan bacaannya, hafalan surah pendek, doa-doa harian, serta ayat pilihan.

“Dengan ujian ini, kita mengharapkan output dari pembinaan TK/TPA bukan hanya sebatas anak-anak kita pandai mengaji, tetapi bagaimana akhlak mereka bisa bagus,” Harap Munir.

Penulis: Firdaus

Komentar