oleh

Begini Cara Brimob Bone Pastikan Sapi Kurban Sah dan Layak Dikurbankan

Editor:

BONE, Jendela Satu— Sehari menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H (Minggu 10 Juli 2022) Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah menyiapkan 10 ekor sapi kurban.

Untuk memastikan bahwa sapi kurban tersebut dalam keadaan sehat dan layak dijadikan hewan kurban, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Bone melakukan pemeriksaan terhadap sapi-sapi yang akan dijadikan hewan kurban.

Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan saat dihubungi membenarkan hal tersebut.

Baca Juga:  Danyon Ichsan Sukses Antar Yon C Juara Umum 2 Kelas Polri Kejuaraan Daerah Inkanas 2024

“Salah satu syarat sahnya hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban ialah hewan ternak harus dalam keadaan sehat, tidak memiliki penyakit dan tidak cacat fisik. Untuk itu kami meminta bantuan Dinas Peternakan Kabupaten Bone untuk memeriksa kondisi hewan-hewan kurban,” kata Kompol Nur Ichsan.

Mantan Kasubbagrenmin Sat Brimob Polda Sulsel ini juga menambahkan bahwa perihal pemeriksaan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku pada sapi kurban Batalyon C Pelopor.

Baca Juga:  Sambangi Warga, Camat dan Kapolsek Pulau Sembilan Sampaikan Pesan Kamtibmas

“Saat ini penyakit mulut dan kuku tengah marak menyerang hewan ternak khususnya sapi, olehnya itu pemeriksaan ini kami lakukan untuk menjamin bahwa hewan kurban kami betul- betul sehat dan dagingnya aman dikonsumsi, ” tambahnya.

Sementara itu, Jihad salah satu anggota tim dari Dinas Peternakan Kabupaten Bone menyebutkan ada 4 kriteria sahnya hewan kurban.

Baca Juga:  Anggota DPR RI Muhammad Aras Kunjungi Ponpes Wahdah Islamiyah Sinjai

“Dalam pemeriksaan ini kami menilai 4 kriteria hewan layak dijadikan hewan kurban yaitu mata jernih, tidak pincang, cukup umur dan sehat fisik atau lincah. Alhamdulillah secara keseluruhan untuk sapi-sapi kurban milik Brimob Bone semuanya sehat dan layak dan sah untuk dijadikan hewan kurban,” pungkasnya.

Seperti diketahui Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel akan membagikan daging kurban kepada panti asuhan, warga masyarakat sekitar mako serta para awak media.

Penulis: Taqwa Ainun

Komentar