oleh

Kapolres Sinjai Hadiri Apel Siaga Kebangsaan dan Karnaval Merdeka Toleransi

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Kapolres Sinjai, AKBP. Rachmat Sumekar, menghadiri Apel Siaga Kebangsaan dan Karnaval Merdeka Toleransi yang digelar Kementerian Agama Kabupaten Sinjai, berlangsung di Lapangan Sinjai Bersatu, Jalan Tondong, Kelurahan Biringgere, Kecamatan Sinjai Utara. Sabtu, (20/08/2022).

Kegiatan ini mengusung tema “Merdeka Dalam Keberagamaan, Toleran Dalam Perbedaan” yang dilaksanakan secara serentak se-Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan tersebut dilakukan pembacaan deklarasi Sinjai bersatu oleh Ketua FKUB Sinjai didampingi perwakilan majelis agama se Kabupaten Sinjai dan Penandatanganan deklarasi Sinjai bersatu.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, dalam sambutannya mengucapkan terimahkasih kepada Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Sinjai beserta seluruh jajarannya para pimpinan pondok pesantren dan tokoh-tokoh agama yang tidak henti-hentinya memberikan sumbangsih kontribusi serta dukungan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sinjai utamanya untuk membantu percepatan pembangunan di bumi panrita kitta.

Baca Juga:  Mulai Panaskan Kursi Politik, PKB Sinjai Target 5 Kursi dan Menangkan Pilkada

“Terima kasih kepada Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Sinjai beserta seluruh jajarannya para pimpinan pondok pesantren dan tokoh-tokoh agama yang tidak henti-hentinya memberikan sumbangsih kontribusi serta dukungan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sinjai utamanya untuk membantu percepatan pembangunan di bumi panrita kitta, ” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa karnaval merdeka toleransi merupakan makna penting dalam rangka membentuk karakter dan jati diri bangsa.

“Kegiatan karnaval merdeka toleransi merupakan makna penting dalam rangka membentuk karakter dan jati diri bangsa serta sebagai bentuk kesiapan seluruh jajaran untuk melaksanakan tugas dan fungsi kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia sesuai dengan bidang masing-masing, ” tutur Bupati ASA.

Baca Juga:  Kapolres dan Dandim Bone Adu Tembak di Markas Brimob Batalyon C

Disamping itu, Bupati ASA juga menuturkan bahwa kegiatan ini diarahkan untuk mendorong tumbuh kembang jiwa islami yang berkualitas sesuai dengan prinsip pembangunan Daerah yaitu terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri dan religius melalui kualitas sumber daya manusia unggul.

“Sebagai Kepala Daerah saya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebab syarat dengan pesan persatuan dan kesatuan bangsa, selain itu kegiatan ini menjadi momentum sebagai perekat yang dimiliki oleh bangsa, ” pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan karnaval dilepas oleh Andi Seto Gadista Asapa, S.H,LLM, (Bupati Sinjai), yang di ikuti peserta dari Siswa Raudhatul Athfalkan (RA), Siswa madrasah tingkat ibtidaiyah (MI), Siswa madrasah tingkat Tsanawiyah (Mts), Siswa madrasah tingkat aliyah ( MA), Siswa Santri TKA-TPA-TPQ, Guru, ASN Kemenag, Organisasi kepemudaan, Kelompok majelis ta’lim, Organisasi keagamaan, dan Anggota darma wanita.

Baca Juga:  ASN Bakesbangpol Sinjai Tidak Masuk Kerja Selama 1 Tahun Lebih, Muh. Akbar Bungkam!

Adapun Route Karnaval jalan kaki yakni star dari lapangan Sinjai bersatu – Jln. Tondong, ke Jl. Persatuan Raya belok kanan hingga ke Tugu Bambu kemudian belok kiri ke Jl. Bhayangkara Perempatan Jl. Bung Tomo (Taman Topekkong) belok kiri lanjut ke selatan kemudian finish di halaman kantor kementerian agama Sinjai, dan setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pencabutan doorprise dan penyerahan hadiah.

Dalam kegiatan tersebut, pengamanan ketat diberikan oleh personel Polres Sinjai yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Sunyoto, S.Sos selaku koordinator pengamanan dengan personel gabungan fungsi sesuai surat perintah Kapolres Sinjai.

Penulis: Taqwa Ainun

Komentar