oleh

Forum TBM Donasikan Al-Qur’an dan Buku di Perpustakaan Rutan Kelas II B Sinjai

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sinjai memberikan donasi buku ke perpustakaan “Rutin Bersahabat” Rumah Tahanan (RUTAN) Kelas II B Sinjai. Rabu, (07/09/2022).

Bantuan buku yang diberikan oleh Forum TBM Sinjai disambut baik oleh warga binaan pemasyarakatan.

Ketua Forum TBM, Mirfayani Mirsal menyampaikan setelah mendapat informasi dari penanggung jawab Perpustakaan Rutin Bersahabat kalau jumlah Al-Qur’an dan buku sangat minim, segera menyusun berbagai rencana yang akan diajukan untuk menjadi program bersama.

“Selain penyediaan bahan bacaan, rencananya ada beberapa kegiatan untuk peningkatan kapasitas gerakan literasi untuk saudara-saudara kami warga binaan, seperti kelas menulis, diskusi buku, dan berbagai pelatihan untuk mengimplementasikan 6 literasi dasar yang akan mereka gunakan manfaatkan setelah keluar dari sekolah kehidupan ini,” ucapnya.

Baca Juga:  Salut! Anggota Brimob Bone Bantu Korban Tabrak Lari

“Buku ini benda mati, nah bagaimana menghidupkan buku ini sehingga transfer ilmu dari buku yang menjadi bahan bacaan bisa sampai ke pembaca dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan kesehariannya,” tambah Mirfayani.

Diketahui bahwa buku dan Al-Qur’an ini adalah donasi dari Penasehat Forum TBM, Bapak Maman Suherman yang dikirim melalui Forum TBM Sinjai dan Rumah Dongeng Sinjai.

Baca Juga:  Brimob Bone Gelar Olah TPTKP dan TKP

Hafiz salah Seorang warga binaan dan juga pengelola perpustakaan rutin bersahabat mengatakan, bantuan buku ini sangat bermanfaat bagi kami sekaligus untuk mencukupi kebutuhan buku di perpustakaan Rutin Bersahabat. Minat Baca warga binaan cukup tinggi ini dilihat dari warga binaan yang berkunjung ke perpustakaan. Ada yang datang membaca di tempat dan ada juga yang meminjam untuk dibaca dikamar.

“Donasi buku ini sangat bermanfaat bagi kami karena akan meningkatkan kemampuan membaca sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan kami warga binaan pemasyarakatan,” katanya.

Hafiz sangat bersyukur dan berterima kasih secara mendalam atas bantuan buku yang telah diterima, meskipun masih terbatas buku bacaan seperti novel dan buku pengetahuan umum. Jumlah warga binaan pemasyarakatan sebanyak 230-an dengan minat baca yang baik karena aktifitas yang terbatas, maka mereka mengisinya dengan baca buku.

Baca Juga:  Damkar Ungkap Kronologi Kebakaran di Desa Aska

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan bukunya, meskipun novel masih sangat terbatas dengan jumlah kami disini, karena teman-teman warga binaan punya minat baca yang baik. Semoga bisa ada kegiatan literasi dilaksanakan di perpustakaan ini, l” pungkasnya.

Penulis: Sudarman

Komentar