oleh

Gunung Semeru Erupsi Status Awas

Editor:

JAWA TIMUR, Jendela Satu— Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran (APG). Minggu, (04/12/2022) Pukul 02. 46 WIB.

Hal itu disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun twitter resminya, Gunung berapi Semeru kembali muntahkan Awan Panas Guguran (APG) pada hari Minggu (4/12) sejak pukul 02.46 WIB, dengan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan setinggi kurang lebih 1.500 meter di atas puncak.

Baca Juga:  Bantu Sukseskan Vaksinasi, Kapolres Sinjai Berikan Penghargaan Anggotanya

Lebih lanjut, BNPB menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dan menjauhi wilayah sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Masyarakat juga dilarang beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunungapi Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu.

Diketahui bahwa sejauh ini sudah ada 93 warga yang mengungsi di Balai Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrem, Listrik di 4 Kecamatan di Sinjai Padam

BNPB menuturkan akan terus berkoordinasi dengan tim BPBD di lapangan dalam melakukan kaji cepat, monitoring dan evakuasi warga.Awan Panas Guguruan (APG) Gunung Semeru masih berlangsung. Jarak APG terpantau hingga 11 km.

Selain itu, BNPB juga menghimbau masyarakat untuk mengamati perkembangan aktivitas vulkanik melalui laman resmi PVMBG, BNPB, dan BPBD setempat karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Baca Juga:  Dugaan Pencabulan, Oknum Sekdes Pattongko Jalani Pemeriksaan Polisi

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui laman resminya, menyampaikan telah menaikkan status Gunungapi Semeru dari ‘Siaga’ menjadi ‘Awas’ atau dari Level III menjadi Level IV, terhitung per pukul 12.00 WIB hari ini.

Komentar