oleh

Qatar Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Siapakah Selanjutnya? 

Editor:

SPORT, Jendela Satu— Piala Dunia 2022 di yang diselenggarakan di Qatar baru saja selesai dilaksanakan. Argentina keluar sebagai juara setelah berhasil menekuk Prancis 4-2 dalam drama adu penalti.

 

Dilansir dari sportingnews.com, piala dunia 2026 akan dihelat di Amerika Utara yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

 

FIFA mengkonfirmasi kembali pada tahun 2018 bahwa Piala Dunia 2026 akan dimainkan di seluruh Amerika Utara, dengan 80 pertandingan tersebar di tiga negara terbesar di benua itu.

 

Tawaran Tri-nasional Amerika Utara itu mengalahkan tawaran bersaing dari Maroko, memperoleh 134 suara sedangkan Maroko 65.

 

Piala Dunia 2026 akan menjadi turnamen pria kedua yang diselenggarakan bersama, dan yang pertama sejak 2002 ketika Korea Selatan dan Jepang bergabung untuk membawa acara ke Asia.

 

Sporting News memberi Anda semua detail terkait Piala Dunia FIFA 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Pada Piala Dunia 2026, akan tersedia 80 pertandingan, dari 80 pertandingan yang akan dipertandingkan dalam turnamen tersebut, 60 akan dimainkan di AS, 10 di Kanada dan 10 di Meksiko.

Baca Juga:  Massa Aksi ‘Gruduk’ Kantor KPU Sinjai, Polisi Terjunkan Personel Tambahan dan Tim Medis

 

Amerika Serikat dan Meksiko sama-sama pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia putra, dengan Meksiko akan menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah tiga turnamen putra (1970, 1986, dan 2026).

 

Setelah menjadi tuan rumah pada tahun 1994, Amerika Serikat akan segera bergabung dengan daftar negara yang telah menyelenggarakan beberapa Piala Dunia pria, bersama dengan Meksiko, Brazil, Italia, Prancis, dan Jerman.

 

Sementara itu, Kanada telah menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita FIFA (2015) dan Piala Dunia U-20 pria FIFA (2007), menjadikannya pengalaman untuk menyambut dunia lagi pada kesempatan turnamen pria senior.

Baca Juga:  Kepergok Selingkuh, Suami: Mau Coba Rasa Baru

 

Dalam laga Piala Dunia 2026, total 16 tempat yang dipilih oleh FIFA di antara 23 kota yang dipilih oleh ‘United Bid’ yang bertujuan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2026. Tempat tuan rumah akan tersebar di tiga negara, dengan 11 tempat di Amerika Serikat, tiga di Meksiko, dan dua di Kanada.

 

Dua stadion, Estadio Azteca di Mexico City dan Rose Bowl di Los Angeles, sebelumnya pernah menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia. Saat ini, Estadio Azteca tetap menjadi salah satu dari hanya dua tempat di dunia yang telah menyelenggarakan dua final Piala Dunia putra, di samping Maracana di Brazil.

 

Berapa banyak tim yang akan tampil di Piala Dunia 2026?

 

FIFA mengumumkan kembali pada tahun 2017 bahwa Piala Dunia 2026 akan menjadi yang pertama menampilkan format yang diperluas dari format 32 tim yang digunakan sejak edisi 1998 di Prancis.

Baca Juga:  Patut Dicontoh, Lurah Macope Bone Capai Target Pelunasan PBB Tercepat

 

Bidang turnamen akan tumbuh sebesar 50 persen menjadi turnamen 48 negara. Ini akan melihat 16 tim tambahan berpartisipasi dalam acara tersebut, menciptakan peningkatan minat global serta lebih banyak permainan di seluruh turnamen

.

Namun, FIFA mengonfirmasi bahwa format baru tersebut tidak akan menambah jumlah maksimum permainan yang akan dimainkan oleh tim mana pun, dengan batas tujuh pertandingan untuk setiap finalis.

 

Dalam format baru Piala Dunia 2026, babak penyisihan grup akan terdiri dari 16 grup yang terdiri dari tiga tim. Dua tim teratas di setiap grup kemudian akan maju ke babak sistem gugur 32 tim yang diperluas untuk menciptakan kekacauan dan intrik.

Penulis: Firdaus

Komentar