oleh

Wabup Sinjai Ikuti Roadshow Menko PMK RI

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Wakil Bupati (Wabup) Sinjai, Andi Kartini Ottong, mengikuti Roadshow secara virtual bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia (RI). Rabu, (15/03/2023).

Roadshow ini membahas tentang percepatan penurunan stunting kemiskinan ekstrim di Kabupaten atau Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam acara tersebut, Andi Kartini Ottong mengungkapkan bahwa kondisi stunting tahun 2022 berdasarkan Hasil SSGI 2022 dimana di kabupaten Sinjai kondisi stunting pada tahun 2021 mencapai 30, 1 % sedangkan tahun 2022 29,4% yang turun menjadi 1,06%.

Baca Juga:  Kedapatan Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Sinjai Utara Diringkus Polisi

Sementara itu Kondisi Kemiskinan ekstrem pada tahun 2021 1,47 dan di tahun 2022 1,39 yang turun menjadi 0,08%

“Untuk itu terkait percepatan penurunan kemiskinan ekstrem perlunya validasi dan verifikasi data antara DTKS dan P3KE yang masih banyak eror, perlunya peningkatan anggaran bantuan kemiskinan untuk sasaran lansia dan disabilitas yang sudah tidak produktif, ”

Baca Juga:  Bupati Sinjai Ikuti Audiens APKASI di Belgia

“Perlunya dukungan modal usaha dan peningkatan kapasitas bagi UMKM, perlunya kepastian keberlanjutan Program-program penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.

Untuk menekan dan mencegah peningkatan stunting dan kemiskinan, Andi Kartini mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan kapasitas kader pembangunan manusia.

“Adapun usulan kepada pemerintah pusat terkait percepatan penurunan stunting perlunya peningkatan kapasitas kader pembangunan manusia,”

Baca Juga:  Warga Biringere Terima Bantuan Rumah dari Baznas Sinjai

“Kader Posyandu dan petugas kesehatan dan didukung bantuan sarana ukur dan timbang balita yang sesuai dengan standar dengan perlunya dukungan program kegiatan yang langsung menyentuh ke sasaran balita stunting, ibu hamil, keluarga beresiko stunting, dan remaja putri,”pungkasnya.

Komentar