oleh

Kepemimpinan Andi Seto, Pembangunan di Kecamatan Sinjai Utara Capai Rp. 228,34 Milyar

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai telah melaksanakan program kegiatan selama 4 tahun dari tahun 2019-2022, yakni pembangunan dan pengadaan sarana-prasarana pelayanan publik pada beberapa bidang urusan, khususnya di Kecamatan Sinjai Utara.

Selama itu pulah, beberapa pembangunan infrastruktur fisik telah dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan total anggaran yang digelontorkan kurun waktu tersebut mencapai Rp228,34  Miliar.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, untuk di bidang Pendidikan, jumlah anggaran yang digunakan adalah sebesar Rp17,4 Miliar lebih, yang dialokasikan untuk pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas pada PAUD, SD dan SMP, ruang guru, dan pengadaan meubeler laboratorium komputer.

Selain itu, untuk pembangunan ruang perpustakan, pengadaan buku bacaan, pengadaan alat peraga, pengadaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi, pengadaan alat pembelajaran edukatif serta pengadaan peralatan alat laboratorium komputer.

Baca Juga:  H. Sofwan Sabirin Sebut Persoalan Sampah Jadi Perhatian Khusus DLHK Sinjai

Pada bidang kesehatan dikatakan ASA, telah dilaksanakan berbagai program dengan anggaran sebesar Rp54,64 Miliar lebih untuk pembangunan Ruang IGD, Ruang rawat inap, gedung rawat jalan, pengadaan Instalasi Pengolahan Limbah, dan Instalasi Pengolahan Air Bersih pada RSUD, serta Renovasi Puskesmas Lappa.

Bidang Pekerjaan Umum telah dianggarkan sebesar Rp142,71 Miliar lebih untuk Peningkatan jalan (Aspal Hotmix) sepanjang 20,58 km, pada 35 jalan di Ibukota Kabupaten dan 2 Ruas Jalan yaitu ruas lingkar kantor Bupati-Tanassang-Tokka, ruas Balle-Bulutana, Pembangunan Masjid Islamic Centre, pembangunan drainase perkotaan, pembangunan jaringan SPAM perpipaan kota, Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah, dan pembangunan/rehabilitasi sejumlah gedung milik pemerintah.

Baca Juga:  Wabup Sinjai Lepas Jemaah Umroh Rama Wisata

Kemudian pada bidang Perumahan dan Pemukiman telah dianggarkan sebesar Rp6,4 Miliar lebih untuk pembangunan jalan dan drainase  kawasan perumahan, bantuan rumah swadaya 321 unit dan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Tidak hanya itu, dimasa pemerintahan Bupati ASA juga memberikan perhatian pada sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Pemkab Sinjai telah mengalokasikan anggaran cukup besar dalam mendukung mensukseskan tiga sektor itu.

“Untuk pembangunan jalan usaha tani,  pembangunan kebun gizi keluarga PKK, dan pembangunan irigasi air tanah dangkal dianggarkan Rp435 juta. Dan untuk bidang Peternakan dianggarkan sebesar Rp499,8 juta lebih untuk Bantuan Ternak Sapi dan Asuransi ternak sapi. Sementara di bidang Perikanan dianggarkan Rp969,8 juta lebih untuk pengadaan bantuan kapal, mesin kapal, sarana budidaya polikultur, alat tangkap ikan, perlatan navigasi dan keselamatan pelayaran,” beber ASA pada Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Aula Kantor Camat Sinjai Utara, Jumat, (24/3/2023).

Baca Juga:  Terbongkar, Ini Penyebab 'Macetnya' Air PDAM di Kelurahan Lappa

ASA menambahkan di sektor perindustrian dan Perdagangan dianggarkan Rp3,58 Miliar lebih untuk pembangunan Pasar Balangnipa dan Sarana prasarana Sentra IKM Perikanan. Selajutnya pada bidang Perhubungan dianggarkan Rp80 Juta untuk pemasangan traffic light di Jalan Halim Perdana Kusuma

Masih kata ASA, di bidang keagamaan pihaknya telah dianggarkan Rp1,29 Miliar untuk hibah rehabilitasi 30 masjid dan 6 Pondok Pesantren, serta bantuan Tahfidz Quran 40 santri. Lain halnya, pada lingkungan Hidup Pemkab mengalokasikan Rp251 juta untuk rumah pengomposan, pengadaan alat angkut dan kontainer sampah.

Komentar