oleh

Dampak Akses Jalan Mulus di Sinjai, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat 

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai terus mewujudkan infrastruktur jalan yang mulus hingga pelosok desa.

Program peningkatan infrastruktur jalan ini dimulai sejak awal kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di tahun 2019 lalu.

Dampaknya, akses warga mulai lancar. Warga sudah ramai melalui akses jalan mulus yang telah dikerjakan Pemkab Sinjai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai.

Selain itu, dampak yang paling besar dari akses jalan yang mulus adalah memacu peningkatan dan perputaran ekonomi di berbagai sektor.

Baca Juga:  Pemkab Sinjai Anggarkan 41,67 Milyar untuk Pembangunan di Tellulimpoe

Seperti yang dirasakan Sukardi, Warga Dusun Batu Santung, Desa Erabaru, Kecamatan Tellulimpoe. Dia mengaku akses jalan mulus di desanya membantu memperlancar masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian mereka.

Sebelum jalan diperbaiki, ia mengaku akses jalan di desanya sangat sulit dilalui. Tidak hanya licin, tapi juga rusak parah dan belum pernah tersentuh aspal sehingga membahayakan keselamatan.

Alhasil, pedagang atau pembeli hasil pertanian dan perkebunan di daerahnya berpikir untuk membeli hasil produksi warga setempat, lantaran akses yang sangat sulit dilalui.

“Alhamdulillah jalannya sudah bagus dan mulus. Dulu rusak parah, apalagi kalau hujan sangat sulit dilalui,” katanya.

Baca Juga:  PLN Sinjai: Perhatikan Ini saat Pemasangan Bendera Merah Putih dan Umbul-umbul

Dia pun menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur, kini akses jalan yang menghubungkan Desa Erabaru dan Desa Bua sepanjang 3 Kilometer (Km), ini telah mulus.

“Kami sangat bersyukur karena jalan sudah mulus, hasil pertanian kami tidak terlantar lagi, akses menuju sekolah dan puskesmas juga sudah bagus,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menegaskan pembangunan infrastruktur jalan tidak lepas dari bantuan masyarakat yang telah mendukung program pembangunan.

“Kerja sama masyarakat tentu sangat membantu pembangunan di Tellulimpoe, khususnya di Desa Erabaru ini. Alhamdulillah program kita untuk masyarakat merasakan akses jalan yang mulus sudah terwujud,” terangnya.

Baca Juga:  Buka Musrenbang Sinjai Utara, Andi Seto: Peningkatan Capaian Kerja Dipertahankan

Oleh karena itu, Bupati ASA berpesan kepada warga untuk menjaga jalan yang telah dibangun agar dapat dimanfaatkan dengan waktu yang cukup lama sehingga target meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa terealisasi dengan baik.

“Ini yang paling penting juga bagaimana warga bisa menjaga jalan ini dengan baik karena untuk kepentingan kita semua,” pungkasnya di depan Jemaah Muzdalifah, Batu Santung, Desa Erabaru, Minggu (9/4/2023) lalu.

Komentar