oleh

Pemkab Sinjai Gelar Pasar Murah, Bupati ASA: Semoga Masyarakat Terbantu Dengan Program Ini

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Sinjai melaksanakan program pasar murah.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa (ASA) di pelataran masjid Islamic center Tanassang, Kelurahan Alehanue, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Selasa, (18/4/2023).

Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai, Muh Saleh, mengatakan progam pasar murah yang digelar merupakan upaya untuk menstabilkan harga bahan pokok menjelang hari raya idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Baca Juga:  Selain Nasdem, PAN dan PBB, MTP Incar PKB Menuju Pilkada Sinjai

Selain itu, kata Saleh, pasar murah juga dilaksanakan dengan tujuan untuk berbagi dalam menyambut Idul Fitri.

“Untuk berbagi di dalam menyambut Idul Fitri,” katanya saat diwawancarai.

Dari keterangan tambahan yang diberikan, paket yang disubsidi dalam kegiatan tersebut hanya diperuntukkan bagi mereka yang terdaftar dalam DTKS.

“Kemudian peruntukannya untuk masyarakat miskin yang terdaftar dalam DTKS dan juga tidak menutup kemungkinan masyarakat luas bisa membeli di pasar murah tapi mereka tidak mendapatkan subsidi dan tidak ada pengurangan harga,” ujarnya.

Saleh menjelaskan, produk yang dijual terdiri dari berbagai barang kebutuhan pokok diantaranya beras, gula, terigu, minyak, makanan, dan minuman.

Baca Juga:  Kepemimpinan Andi Seto, Pembangunan di Kecamatan Sinjai Utara Capai Rp. 228,34 Milyar

Produk-produk ini dikemas dalam dalam 1 paket seharga Rp. 100.000, bagi pembeli yang terdaftar dalam DTKS membayar sebesar Rp. 75.000. Kemudian yang tidak terdaftar membayar dengan harga normal Rp. 100.000 per paket.

Harga setiap produk dalam paket didiskon beberapa persen, seperti halnya beras premium yang sebelumnya seharga Rp. 12.500 per kilogram (Kg) kini dijual dengan harga Rp. 11.500 per Kg.

Lainnya, Minyak merek “Minyak Kita” dulunya dijual dengan harga Rp 14.000 per Kg dan sekarang dijual dengan harga Rp. 13. 000 per Kg.

Baca Juga:  Tingkatan Kinerja Pegawai, ASN Diskominfo Sinjai Teken Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas

Lebih jauh, Muh. Saleh menerangkan jumlah paket yang disubsidi dalam pasar murah kali ini sebanyak 800 paket.

“Ada kurang lebih 800, ini yang kedua. Yang pertama kemarin di awal Ramadan kita juga ada kurang lebih 800 paket,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa (ASA) berharap agar semoga masyarakat terbantu dengan hadirnya program tersebut.

“Melalui pasar murah ini, semoga masyarakat golongan menengah ke bawah benar-benar terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri,”

“Terlebih lagi, tuntutan kebutuhan mendekati hari raya biasanya semakin meningkat,” pungkasnya

Komentar