oleh

Kadisdik Sinjai Tingkatkan Bakat Siswa Melalui Kompetisi Sains

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Puluhan siswa di Kabupaten Sinjai mengikuti lomba sains untuk mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) berlangsung di SDN 3 Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa, (9/5/2023).

Kepala Dinas Pendidikan, Irwan Suaib didampingi beberapa pejabat Disdik memantau langsung pelaksanaan lomba sains tersebut.

Dia mengatakan lomba sains ini merupakan sarana penunjang bagi siswa dalam mengeksplor kemampuan akademik mereka khususnya dalam hal ilmu pengetahuan.

Baca Juga:  Petani di Sinjai Menjerit Pupuk Subsidi Langka, Khawatir Gagal Panen

Dengan begitu, diharapkan mampu memotivasi bakat minat dan prestasi siswa bidang sains dan mampu berkompetisi dari tingkat daerah, provinsi hingga nasional.

Irwan juga menuturkan bahwa, peserta lomba sains ini merupakan kumpulan para juara I, II dan III yang sebelumnya telah dilaksanakan ditingkat Kecamatan.

“Ini adalah tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan ditingkat Kecamatan. Jumlah peserta yang ikut pada kompetisi lomba sains berjumlah 27 orang perwakilan dari masing-masing Kecamatan,” ungkap Irwan saat ditemui.

Baca Juga:  Ratusan Masyarakat Demo DPRD Torut, Ini Tuntutannya

Mantan Kepala Bappeda Sinjai itu menambahkan, para peserta (siswa) yang ikut dalam kompetisi tersebut nantinya akan mewakili Kabupaten Sinjai ditingkat Provinsi. Kegiatan ini lanjut dia digelar masih dalam rangkaian sepekan semarak Hardiknas 2023.

“Lomba sains ini sebenarnya dilakukan setiap tahun cuman karena tahun ini bertepatan dengan rangkaian Hardiknas makanya kita rangkaikan dengan Sepekan Semarak Hardiknas yang lebih meriah lagi,” jelasnya.

Baca Juga:  Muallim Tampa Jagokan Brazil Juara Piala Dunia 2022

Pihaknya kata Irwan berharap lomba ini bukan hanya mencari juara saja, tetapi bagaimana melihat kemampuan para siswa-siswi jika nantinya masih ada yang dianggap kurang maka kedepan akan dilakukan evaluasi.

Disisi lain kegiatan ini dilaksanakan juga untuk memperkuat tali silaturrahim para guru maupun siswa tersebut. (Humas Kominfo)

Komentar