oleh

PMD Sinjai Akan Gelar Lomba Evaluasi Perkembangan Desa

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  Kabupaten Sinjai akan melaksanakan lomba evaluasi perkembangan desa tingkat Kabupaten yang rencananya akan digelar pada akhir bulan Mei ini.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PMD Sinjai Dr. Yuhadi Samad. Senin (15/5/2023).

Dikatakan Yuhadi, lomba desa ini dilaksanakan untuk memilih desa dengan kinerja terbaik yang nantinya akan menjadi lokus percontohan bagi desa lain.

Baca Juga:  Karnaval Budaya 'Pesona Nusantara' Akan Meriahkan Hari Jadi Sinjai ke-459 Tahun

Tujuannya adalah, untuk melakukan evaluasi kinerja desa itu sendiri,  mengetahui capaian desa selama dua tahun terakhir dan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat ke pemerintah desa.

Saat ini pihaknya sudah menerima perwakilan desa yang akan mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten yang telah disulkan oleh masing-masing Pemerintah kecamatan.

“Jadi ada 8 desa dari perwakilan masing-masing kecamatan yang akan kita lakukan penilaian lomba desa mulai pada pekan keempat bulan Mei ini.  Setelah itu kita persiapkan untuk penilaian lomba desa tingkat Provinsi pada  akhir bulan Juni mendatang,” jelasnya.

Baca Juga:  Jangan Lewatkan, Band Padi Reborn Hingga Penyanyi Dangdut Bakal Konser di Sinjai

Untuk indikator penilaian, sama dengan tahun sebelumnya yang mengacu pada Permendagri Nomor 81 tahun 2015 yakni bidang pemerintahan, kewilayahan dan partisipasi masyarakat serta inovasi desa. 

Yuhadi berharap kepada desa yang mewakili kecamatan agar segera persiapkan diri melalui pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Camat, PKK dan Pemerintah Desa.

Komentar