oleh

Andi Seto Dorong Sinjai Berdaya Saing

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) tengah membangun kerja sama dengan pihak Lembaga pembiayaan ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank.

Hal itu diketahui setelah Bupati ASA melakukan silaturahmi dengan Direktur Pelaksana Bidang Hubungan Kelembagaan, Indonesia Eximbank, Chesna F. Anwar, di Jakarta, Senin (15/5/2023)

Pertemuan ini membahas pengembangan rumput laut jenis Cottonii. Bahkan mendorong beberapa desa di Sinjai menjadi “Desa Devisa” dengan melakukan pembinaan dan fasilitasi sampai bisa melakukan ekspor.

Baca Juga:  Pengurus TP PKK Desa Saotanre Resmi Dikukuhkan

“Potensi rumput laut kita sangat baik, tinggal bagaimana pengembangan rumput laut jenis Cottonii ini bisa maksimal,” pungkasnya.

Langkah ini merupakan wujud kepedulian Bupati ASA untuk meningkatkan daya saing pengusaha terutama di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

Target lainnya adalah menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya petani rumput laut, karena pelaku utama adalah petani yang terlibat langsung dalam budidayanya.

Baca Juga:  Diduga Ada Praktik Pungli di PPI Lappa Sinjai, Oknum Petugas Minta Rp. 5.000 ke Pengunjung

“Harapannya agar masyarakat terutama yang memiliki usaha berorientasi ekspor dapat mengelola usahanya hingga bisa melakukan ekspor,” jelasnya.

Sekadar diketahui Pemkab Sinjai melalui Dinas Perikanan dan Badan Penelitian Pengembangan Daerah telah menetapkan Desa Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur sebagai daerah yang cocok untuk pengembangan rumput laut jenis Cottonii.

Itu diketahui setelah hasil kajian dan penelitian yang dilakukan bahwa rumput laut jenis Cottonii tumbuh baik di perairan yang ada riaknya (bergelombang) dan tidak tenang, serta airnya tidak jernih.

Komentar