oleh

Dispusip Sinjai Gelar Bintek Bagi Petugas Perpustakaan

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Dalam rangka mewujudkan petugas perpustakaan dan pustakawan yang profesional, berkemampuan dalam mengelola perpustakaan, Pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi tenaga perpustakaan dan pustakawan se-kabupaten Sinjai.

Bimtek yang diikuti ratusan orang tersebut berlangsung di Aula Pertemuan Hotel Rofina, Rabu, (17/5/2023).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) kepada Dispusip yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek itu.

Dia menyampaikan melalui Bimtek ini hendaknya bisa menjadi pijakan nyata bagi tenaga pengelola perpustakaan dan pustakawan di  Sinjai dalam mewujudkan partisipasinya baik kepada institusi, masyarakat dan pemerintah daerah khususnya dalam mendukung tercapainya penbangunan khususnya dari segi peningkatan kualitas sumberdaya manusia dalam pengembangan budaya literasi.

Baca Juga:  BLC Chapter Sulsel Resmi Terbentuk, Ajang Silaturahmi dan Pelopor Berlalulintas

“Dengan adanya Bimtek ini saya ingin menekankan bahwa sudah saatnya kita untuk bersama-sama berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Pemerintah dan segenap pemangku kepentingan wajib menyusun strategi yang tepat untuk mendorong terciptanya sebuah budaya membaca atau menjadikan membaca sebagai

gaya hidup setiap orang, utamanya masyarakat Kabupaten Sinjai,” imbuhnya.

Terlebih perkembangan kehidupan sosial masyarakat di era kemajuan teknologi saat ini kian dinamis, hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi semua kalangan untuk terus berjalan selaras dengan dinamika yang terus berkembang.

Baca Juga:  Lolos dan Dapat Gelar Trainer Tersertivikasi Google News Initiativ, Badiana Merasa Bersyukur

“Untuk menjawab tantangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas

Perpustakaan dan Kearsipan, akan terus berupaya untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan para pengelola perpustakaan dan pustakawan melalui kegiatan bimbingan teknis dan pelatihan-pelatihan lainnya di masa yang akan datang,” jelasnya.

Karena itu, para peserta bimtek diharapkan agar mengikuti secara seksama seluruh rangkaian materi yang di sampaikan oleh narasumber sehingga tujuan di laksanakannya bimtek ini tidak sekedar seremonial semata.

Baca Juga:  Pembangunan Irigasi Lamole Rugikan Warga, Aktivis Ancam Demo PUPR Sinjai

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten, Abd. Aziz Amin menyampaikan Bimtek tersebut dilaksanakan

untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pustakawan dalam mengelola perpustakaan dengan baik sesuai standar, serta untuk meningkatkan kapasitas sumber daya perpustakaan yang profesional.

Aziz menyebut peserta kegiatan ini terdiri dari para pengelola perpustakaan dan pustakawan se-Kabupaten Sinjai, baik pengelola tingkat SD sederajat, SMP sederajat, desa dan kelurahan yang terbagi menjadi empat gelombang dengan total peserta 400 orang.

Bimtek tersebut menghadirkan  Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, Syamsul Arif sebagai narasumber.

Komentar