oleh

Kadisdik Sinjai Harap Guru Penggerak Berkiprah Mewujudkan Standar Nasional Pendidikan

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Guru sebagai pelaku sekaligus penggerak pembangunan sumber daya manusia, memiliki peran dan tanggung jawab yang besar, terutama membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur sekaligus unggul dalam bidangnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib saat membuka Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7, Sabtu, (8/7/2023) di Aula Pertemuan Wisma Hawai, Jalan Persatuan Raya.

Meski saat ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh, namun menurut Irwan kehadiran seorang guru tidak serta-merta dapat digantikan oleh perangkat teknologi itu.

Baca Juga:  2 Mobil Tabrakan di Desa Palae Sinjai

“Saudara adalah bagian dari program pendidikan guru penggerak (PPGP) yang merupakan rangkaian kebijakan merdeka belajar. Saudara dipersiapkan sebagai guru-guru terbaik untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (instructional leaders),” ungkap Irwan dalam lokakarya yang mengusung tema Panen Hasil Belajar.

Dia berharap, para calon guru penggerak memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah.

“Kami, pemerintah Kabupaten Sinjai, memiliki harapan besar agar bapak/ibu semua lulus dalam program ini. Selanjutnya, untuk dapat berkiprah mewujudkan standar nasional pendidikan untuk
menjamin mutu pendidikan di Kabupaten Sinjai,” harapnya.

Baca Juga:  Danyon C Dukung Operasi Keselamatan Polres Bone

Atas nama pemerintah Kabupaten Sinjai, Irwan mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Sulsel selaku penyelenggara, Dinas Pendidikan selaku Fasilitator, para pengajar praktek dan para guru calon penggerak.

Abdul Wahid selaku Ketua Panitia menyampaikan, pelaksanaan Lokakarya 7 Calon Guru Penggerak angkatan 7 di Kabupaten Sinjai Tahun 2023 adalah momentum/refleksi selama 8 bulan sejak di mulainya Program Guru Penggerak angkatan 7 pada tanggal 22 Oktober 2022 lalu.

Baca Juga:  Dispusip Sinjai Gelar Bintek Bagi Petugas Perpustakaan

Dia juga melaporkan bahwa jumlah guru penggerak yang sudah selesai mengikuti program ini sebanyak 29 guru yang merupakan lulusan angkatan 4, yang terdiri dari Jenjang SD sebanyak 12 orang, jenjang SMP sebanyak 4 Orang dan Jenjang SMA/SMK sebanyak 13 orang serta Pengajar Praktik 7 orang.

“Hari ini, peserta program guru penggerak angkatan 7 sebanyak 36 orang CGP yang Insha Allah akan menyelesaikan tahapan akhir,” ujarnya.

Lokakarya ini turut dihadiri Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, para Pejabat Eselon III Disdik Sinjai, dan Tim Balai Guru Penggerak Provinsi Sulsel.

Komentar