oleh

Meski Sudah Dilarang, Ada Poster Bacaleg Terpasang di Pohon Dengan Cara Dipaku

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Sejumlah Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, mulai memasang Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal ini dilakukan untuk menyampaikan kesiapan mereka untuk maju di Pileg 2024.

Namun ada Bacaleg Provinsi, yakni Drs. Baharuddin, S. Pd. I, yang memasang poster dirinya dengan cara memaku di pohon.

Meski sebelumnya organisasi SEMMI Sinjai, sudah melakukan deklarasi ‘Penyelamatan Pohon’ yang dihadiri oleh Bupati Sinjai dan Wakilnya, serta beberapa pengurus Parpol yang ada di Sinjai.

Baca Juga:  Damkar Ungkap Penyebab Kebakaran Rumah Panggung di Sinjai Kota

Dalam deklarasi ini tentang gerakan pelestarian lingkungan dan tata cara pemasangan alat peraga kampanye tanpa melakukan pemakuan pohon.

Namun hal ini tak diindahkan oleh Bacaleg Drs. Baharuddin, S. Pd. I.

Terbukti, di Jalan Sulatan Hasanuddin, Kecamatan Sinjai Utara. Terlihat ada poster Bacaleg Drs. Baharuddin, S. Pd. I, yang dipaku di pohon.

Drs. Baharuddin, S. Pd. I, merupakan Bacaleg Dapil V Sulsel, meliputi Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.

Kepala Dinas Lingkungan  Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai, H. Sofwan Sabirin, angkat bicara terkait pemasangan APK dengan cara dipaku dipohon. Menurutnya, hal itu tidak boleh dilakukan.

Baca Juga:  Damkar Sinjai Evakuasi Ular Piton 4 Meter di Pekarangan Kantor Polisi Kehutanan

“Tidak boleh kalau dipaku di Pohon dalam bentuk benner Caleg maupun iklan swasta,” katanya.

Kedepan kata, H. Sofwan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP Sinjai, sebagai penegak Perda.

“Saya akan kordinasi dengan Satpol PP, untuk melakukan penindakan poster yang terpasang dipohon dengan cara dipaku,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua SEMMI Sinjai, Fuadi Rezkillah, juga angkat bicara terkait Bacaleg yang memasang APK dengan cara dipaku di Pohon.

“Kami mengingatkan kembali kepada seluruh partai politik yang telah menandatangani deklarasi penyelamatan pohon menjelang pemilu yang kami anggap merupakan perhatian besar bagi kalangan peserta Pemilu untuk sama-sama berkomitmen dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang merugikan partai sebagai peserta pemilu,” tegasnya.

Baca Juga:  Bom Ikan Marak di Pulau Sembilan Sinjai, Nelayan Tradisional Mulai Resah

Ia mengaku sudah melakukan aksi pencabutan paku di pohon beberapa waktu lalu setelah melakukan dialog dan deklarasi ‘Penyelamatan Pohon’.

“Sudah kami melakukan aksi, kembali ada Bacaleg mulai memasang Posternya dengan cara dipaku di Pohon di wilayah Kota Sinjai dan sekitarnya,” pungkasnya.

Komentar