oleh

IPH Stabil, Sinjai Alami Deflasi di Awal Juli 2024

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Sinjai cenderung stabil. Bahkan di pekan pertama Juli 2024, Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Sinjai mengalami deflasi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), IPH Kabupaten Sinjai mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga deflasi month to month (m-to-m) -1,66 persen.

Tren IPH ini mulai turun di pekan ketiga Juni 0,96 persen dan kembali turun di pekan keempat 0,45 persen.

“IPH kita di pekan pertama Juli 2024 Deflasi hingga -1,66 persen,” ujar Kabag Perekonomian Dra. Nurhayati mengutip data dari BPS, Selasa (9/7/2024).

Menurut Nurhayati, ada tiga komoditi yang menjadi penyumbang utama deflasi di awal Juli, seperti Beras (-0,9402), Cabai merah (-0, 2579), dan Bawang Merah (-2558).

Baca Juga:  Gugatan Perceraian di Sinjai Meningkat, Penyebabnya Selingkuh-Judi Online

“Deflasi kita dipengaruhi turunnya sejumlah harga komoditi dan yang paling menyumbang deflasi adalah Beras, Cabai Merah dan bawang merah. Ini berdasarkan pemantauan oleh teman-teman di Disperindag ESDM dan Ketahanan Pangan,” jelasnya.

Untuk mempertahankan kondisi IPH tersebut, kata dia, Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah mengintruksikan perangkat daerah terkait agar lebih gencar melaksanakan gerakan pasar murah, pasar murah serta melakukan pemantauan harga dan stok melalui sidak pasar.

Baca Juga:  Polisi Grebek Pesta Sabu di Sinjai, 2 Pelaku Diantaranya Pegawai Pemda

“Sesuai arahan pak Pj Bupati agar TPID dan OPD terkait secara berkala tetap melakukan upaya pengendalian inflasi yang selama ini digalakkan hingga ke kecamatan,” jelasnya

Komentar