oleh

Pemangku Adat Karampuang Temui Pj Bupati Sinjai, Bahas Jadwal Pesta Adat Mappogau Sihanua

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Pesta Adat Mappogau Sihanua tahun ini kembali akan digelar oleh Masyarakat Adat Karampuang di Rumah Adat Karampuang, Desa Tompo Bulu, Kecamatan Bulupoddo.

Hal ini diketahui usai Pemerintah Kecamatan Bulupoddo Andi Asrullah yang didampingi Kepala Disparbud Tamzil Binawan dan beberapa Pemangku Adat Karampuang, menemui Penjabat (Pj) Bupati Sinjai Andi Jefrianto Asapa, di Ruang Kerja Bupati, Kamis (24/10/2024).

Camat Buluppoddo Andi Asrullah menyampaikan rencananya pesta adat tahunan itu akan dilaksanakan pada Senin (28/10/2024) mendatang.

Baca Juga:  Deklarasi Pilkada Damai 2024, Pj Bupati Sinjai: Seluruh Lapisan Masyarakat Mengambil Peran Demi Terwujudnya Pilkada Damai

“Rencananya akan digelar Senin depan. Pak Bupati tadi responnya baik Insyaallah beliau bersedia hadir,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan pesta adat tersebut merupakan bentuk rasa syukur dari masyarakat setempat atas limpahan hasil pertanian dan perkebunan yang didapatkan tahun ini.

“Pesta adat Mappogau Sihanua itu rutin kita laksanakan setiap tahun sebagai bentuk kesyukuran masyarakat. Tahun ini Alhamdullilah hasil panen pertanian dan perkebunan masyarakat banyak,” tambahnya.

Baca Juga:  TMMD ke- 121digelar di Desa Arabika, Ini Pesan Pj Bupati Sinjai

Sementara itu Pj Bupati Sinjai Andi Jefrianto Asapa berharap, pesta adat tersebut dimeriahkan dan dihadiri banyak orang, bukan hanya dari dalam daerah namun juga warga dari luar.

“Kami Pemerintah Daerah mendukung penuh pelaksanaan pesta ada Mappogau Sihanua. Insyaallah saya bersama Forkopimda akan hadir. Saya berharap acara tersebut banyak dihadiri masyarakat, terutama dari luar daerah,” jelasnya.

Baca Juga:  Pj Bupati Sinjai Terbitkan Edaran ASN Diberi Izin Dampingi Anak Ikuti MPLS

Perlu diketahui ada beberapa rangkaian atau prosesi adat mappogau sihanua diantaranya mabbahang atau musyawarah adat, mappaota atau ritual permohonan izin atau restu, mabbaja-baja atau membersihkan, menre ri bulu atau naik ke puncak bukit dan mabbali sumange yang sering disebut dengan massulo beppa atau menyiapkan kue tradisional.

Pesta adat Mappogau Sihanua juga merupakan event budaya nasional yang menjadi bentuk jati diri masyarakat adat Karampuang dan keberagaman budaya.

Komentar