oleh

Ketua TP PKK Sinjai Buka Pelatihan Kerajinan Ecoprint

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga dan kreativitas masyarakat, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai menggelar Pelatihan Kerajinan Ecoprint.

Kegiatan yang diikuti 57 kader PKK dari berbagai kecamatan ini berlangsung di Aula PKK, Rabu (31/07/2025).

Pelatihan ini bertujuan mengenalkan teknik mencetak kain menggunakan bahan alami seperti daun dan bunga, ranting dan tumbuhan lainnya.

Baca Juga:  Gelar PIN Polio Putaran Kedua, Ini Harapan Sekda dan Pj Ketua TP PKK Sinjai

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati diharapkan dapat menciptakan produk kerajinan unik dan ramah lingkungan.

Dalam sambutannya Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati, menyampaikan bahwa pentingnya pelatihan ini sebagai bagian dari program pemberdayaan ekonomi di tingkat lokal.

“Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat batik ecoprint dari tumbuhan lokal serta untuk mengembangkan usaha ekonomi kreatif di masing-masing lingkungan PKK,” ujarnya.

Baca Juga:  Tanaman Porang di Sinjai Tembus Pasar Internasional

Di tambahkannya bahwa selain menghasilkan karya seni yang indah, pelatihan Ecoprint juga menjadi sarana untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, kegiatan ini turut mendukung pelestarian alam.

“Selain menghasilkan produk yang unik, pelatihan ini juga mengajarkan kita untuk menghargai alam,” ujar Cut Resmiati.

Pelatihan eco print ini juga diharapkan dapat menjadi awal bagi PKK Kabupaten Sinjai untuk mengembangkan program-program serupa di masa depan, guna terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi dan kreativitas lokal.

Komentar