oleh

KPU Sinjai Bekali DP3 Pendidikan Dasar Kepemiluan

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Peserta Kegiatan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3)  atau yang yang lebih populer dengan sebutan kader DP3 terlihat memadati Kantor KPU Sinjai, Jalan Bhayangkara, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Kamis (02/06/22).

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Kantor KPU Sinjai ini diikuti sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari Desa Samaturue dan Mattunreng Tellue  sebagai tindak lanjut pembentukan kader dan pembekalan pendidikan dasar kepemiluan pada tahun 2021 lalu.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Sinjai, Muhammad Naim, dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak lain sebagai ajang perekat silaturahim antar Kader DP3.

“Ini menjadi momentum yang tepat untuk para Kader DP3 kembali menjalin silaturahim dengan keluarga besar KPU Sinjai,” tuturnya.

Ia juga mengharapkan agar nantinya Kader DP3 yang telah dibekali pendidikan politik mampu menjadi panitia Ad-Hoc pada kegiatan pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024.

Baca Juga:  Pj Bupati Sinjai Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Sentral

“InsyaAllah Kader DP3 dengan kapasitasnya, tidak perlu diragukan dan nantinya mampu menjadi panitia Ad-Hoc Pemilu,” ucapnya.

Setelah kegiatan dibuka, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sinjai, Muhammad Kasim membagi peserta ke dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama dikomandoi oleh Muhammad Kasim dan Nurhikmah, kemudian kelompok kedua oleh Muhammad Naim dan M. Haris, serta kelompok ketiga oleh Arsal Arifin dan Awaluddin.

Para peserta temu kader DP3 dibekali dengan tiga materi pokok, yakni menjadi kader DP3 yang mandiri, berdaulat dan cerdas; menemukan strategi peningkatan partisipasi pemilih; dan desain sosialisasi pemilu dan pesan-pesannya.

Baca Juga:  KPU Sinjai Ikuti Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024

Selama kegiatan berlangsung, kader DP3 nampak antusias menjalani pembekalan. Salah satu peserta kader DP3, Ferdianto berharap kepada KPU supaya tidak bosan-bosan melakukan kegiatan yang sama.

“Terus terang kami berharap kepada KPU agar tidak bosan menggelar kegiatan serupa seperti ini agar masyarakat mampu melek politik,” pungkasnya.

Penulis: Taqwa Ainun

Komentar