oleh

Pemda Alokasikan Anggaran 10 Milyar Untuk 13 Kelurahan di Sinjai, Berikut Rinciannya

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Pemerintah Kabupaten Sinjai tahun 2022 ini mengalokasikan dana kelurahan yang bersumber dari APBD Kabupaten Sinjai sebesar Rp 10 milyar lebih untuk seluruh kelurahan yang ada di Sinjai. Jumat, (22/7/2022).

Kasubag Administrasi Kewilayaan Bagian Pemerintahan Setdakab Sinjai, Usman mengatakan bahwa alokasi dana kelurahan ini bertujuan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di kelurahan dan menunjang kesejaheraan masyarakat.

Masing-masing kelurahan mendapatkan alokasi anggaran yang sama sehingga 13 kelurahan yang ada di Sinjau mendapatkan anggaran berkisar Rp 700 juta lebih.

Baca Juga:  Pria Asal Sinjai Dibekuk Polisi Usai Kedapatan Bawa Sabu dalam Bungkusan Rokok

Berdasarkan Permendagri Nomor 130 tahun 2018, anggaran kelurahan ini diperuntukkan untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat kelurahan.

“Jadi anggaran kelurahan ini betul-betul diperuntukkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan sarana prasarana untuk kebutuhan masyarakat. Tidak boleh infrastruktur lain seperti pembangunan kantor” jelasnya.

Lebih lanjut Usman, dana kelurahan ini untuk pembiayaan yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat. Seperti kegiatan pemberdayaan yaitu pembinaan posyandu, pengrmbangan UMKM dan kegiatan pencegahan stunting.

Baca Juga:  1 Abad Nahdatul Ulama, Andi Seto Akui NU Banyak Berikan Sumbangsih Besar di Sinjai

Sedangkan untuk sarpras seperti pemeliharaan atau pembangunan jalan lingkungan, jalan tani, pembangunan drainase, perbaikan sarana kesehatan serta sarana dan prasarana lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Adapun realisasi penggunaan anggaran kelurahan hingga semester pertama ini baru berkisar 30 hingga 40 persen. Kegiatan yang terealisasi ini didominasi program pemberdayaan masyarakat.

“Untuk kegiatan sarpras atau pembangunan fisik memang pelaksanaan sementara dalam proses admnistrasi karena hampir kegiatan sarpras sudah diagendakan tapi kendala cuaca sehingga harus dilaksanakan setelah musim hujan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kapolsek Pulau Sembilan Berhasil Selesaikan Permasalahan Hewan Ternak Liar di Wilayahnya

Sekedar diketahui 13 kelurahan di Sinjai yang mendapatkan dana kelurahan masing-masing 6 kelurahan di Sinjai Utara yaitu Balangnipa, Lappa, Biringere, Bongki, Lamatti Rilau dan Alehanuae.

Selanjutnya, Kelurahan Samataring (Sinjai Timur), Sangiasseri (Sinjai Selatan), Tassililu dan Balakia (Sinjai Barat), Mannanti (Tellulimpoe), Pasir Putih (Sinjai Borong) dan Samaenre (Sinjai Tengah). (Humas Kominfo)

Penulis: Taqwa Ainun

Komentar