oleh

KKN-T UMSi Posko Desa Balangpesoang Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Editor:

BULUKUMBA, Jendela Satu— Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) Desa Balangpesoang T.A. 2022/2023 melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan  di Aula Kantor Desa Balangpesoang, Kecamatan Bulukumpa,  Selasa (17/01/2022).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bulukumba yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengakses izin usaha yakni Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui aplikasi Online Single Submission (OSS).

Kepala Desa Balangpesoang, Herman dalam sambutannya berharap melalui kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini dapat menambah ilmu keterampilan bagi masyarakat Desa Balangpesoang dalam menjalankan suatu usaha.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggaran Mahasiswa KKN-T UMSi, kami selaku pemerintah desa sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana dapat memberikan ilmu keterampilan dalan menjalankan suatu usaha dan kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pekerja Proyek Gedung Labkesda Sinjai Hiraukan Penggunaan APD

Sementara itu Kepala Bidang Koperasi Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bulukumba, Ahmad dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Mahasiswa KKN-T UMSi Desa Balangpesoang yang telah menginisiasi kegiatan Pelatihan Kewirausahaan di Desa Balangpesoang.

“Kami selaku pemerintah Kabupaten Bulukumba memberikan apresiasi kepada Mahasiswa KKN-T UMSi Desa Balangpesoang yang menginisiasi kegiatan ini untuk memberikan pemahaman, memberikan informasi, ilmu kepada bapak ibu terkait dengan kewirausahaan,” ucapnya.

Baca Juga:  Brimob Bone Kawal Peringatan Tahun Baru Imlek 2575

Kepala Bidang Koperasi Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Bulukumba juga memaparkan, apa yang dimaksud dengan kewirausahaan, peran pemerintah kabupaten dalam memberikan pendampingan, memberikan fasilitas, dan informasi terkait bagaimana masyarakat bisa menjalankan usahanya agar bisa berkembang di hari kemudian.

“Adapun keuntungan Nomor Induk Berusaha yaitu sebagai bentuk legalitas dari pemerintah pusat, kemudian masyarakat akan diberikan fasilitas oleh pemerintah agar usahanya dapat berkembang,” paparnya.

Dosen Pembimbing KKN-T UMSi Desa Balangpesoang, Muhammad Erik Kurniawan berharap dengan adanya Pelatihan Kewirausahaan ini masyarakat Desa Balangpesoang dapat mengembangkan usahanya.

“Berdasarkan program kerja yang telah dilaksanakan, harapan saya selaku pembimbing dengan adanya pelatihan ini masyarakat Desa Balangpesoang dapat mengembangkan usahanya serta pemuda-pemuda yang berada di Desa Balangpesoang dapat pula menjadi wirausaha muda guna meningkatkan taraf kesejahteraan keluarganya secara khusus, maupun meningkatkan pendapatan asli daerah/desa pada umumnya,” katanya.

Baca Juga:  Aktivis Desak Bupati Sinjai Tunda Pilkades di Desa Saotengnga

“Kemudian, kepada Mahasiswa KKN-T UMSi semoga dapat menjadi contoh, pelopor untuk menjadi wirausaha muda karena banyak sumber-sumber bantuan modal, sumber-sumber biaya yang dapat di akses oleh calon wirausaha-wirausaha,” tutupnya.

Diketahui kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Balangpesoang, Kepala Bidang Koperasi Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bulukumba, Aparat Desa Balangpesoang, TP PKK Desa Balangpesoang, Karang Taruna Tealara Desa Balangpesoang, Stakeholder serta Masyarakat Desa Balangpesoang.

Komentar