oleh

Penemu Vaksin Sputnik Covid-19 Tewas Dibunuh

Editor:


Jendela Satu—
Ilmuwan Rusia Penemu Vaksin Sputnik Covid-19, Andrey Botikov tewas dibunuh di apartemen miliknya yang terletak di bagian barat laut Moskow.

Andrey Botikov merupakan seorang peneliti senior di Pusat Penelitian Nasional Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, ia telah membantu menciptakan vaksin Sputnik V Covid-19 pada tahun 2020.

Prestasi tersebut menyebabkan Botikov dianugerahi Order of Merit for the Fatherland oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada tahun 2021.

Baca Juga:  Kasus Covid Melonjak, Brimob Bone Himbau Masyarakat Waspada

Berdasarkan laporan agensi berita besar Rusia, TASS, Komite Investigasi Rusia telah mulai menyelidiki kasus pembunuhan tersebut.

“Departemen investigasi antar-distrik Khoroshevo dari departemen investigasi distrik administrasi barat laut dari departemen investigasi utama Komite Investigasi Rusia untuk kota Moskow telah membuka kasus pidana berdasarkan tindakan yang merupakan pelanggaran yang diatur oleh Bagian 1 Pasal 105 KUHP Rusia (‘Pembunuhan’),” kata kantor Komite Investigasi Moskow dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrim, Kapolres Sinjai Imbau Masyarakat Waspada Bencana

Menurut penyelidik, pada tanggal (02/03/2023) Botikov dan pelaku bertengkar, hingga akhirnya ia dicekik dengan ikat pinggang kemudian pelaku melarikan diri.

“Lokasi penyerangan ditetapkan dalam waktu singkat. Selama interogasi, dia mengaku bersalah dan didakwa,”

“Terdakwa memiliki catatan kriminal sebelumnya, saat dia diadili atas tuduhan melakukan kejahatan serius. Dalam waktu dekat, penyelidikan berencana untuk mengajukan petisi kepada pengadilan untuk menempatkan terdakwa dalam tahanan sambil menunggu persidangan,” kata Komite Investigas seperti dilansir dari TSS.

Baca Juga:  Pilkades di Sinjai, Mappaebang Dipercaya Pimpin Desa Bua

Sementara itu, Lembaga penegak hukum menuturkan bahwa kasus pembunuhan itu adalah kejahatan domestik dan hasil dari konflik.

Komentar