oleh

Sekolah di Sinjai Mulai Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru

Editor:

SINJAI, Jendea Satu— Seluruh sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai saat ini sudah mulai membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024.

Sekrertaris Disdik Sinjai, Dian Purnamasari saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (5/5/2023) membenarkan hal tersebut. Menurutnya proses pendaftaran dimulai sejak tanggal 2 Mei dan akan berakhir pada tanggal 5 Juni 2023.

Pendaftaran yang dilakukan dengan sistem online dan offline ini telah diatur dalam Peraturan Bupati nomor 7 tahun 2021 tentang pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru.

Baca Juga:  13 Personil Terjaring Pemeriksaan Mendadak Provos Brimob Bone

Dalam Perbup tersebut, kata Dian, ada beberapa mekanisme penerimaan PPDB. Seperti untuk tingkat SD ada 3 jalur penerimaan yaitu melalui sistem zonasi, afirmasi dan perpindahan orang tua.

Untuk tingkat SMP terdiri atas 4 jalur yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.

Selain itu pihaknya juga mengatur kapasitas daya tampung masing-masing dari rombongan belajar (rombel).

Untuk tingkat SD dibatasi 28 orang per kelas dan untuk sekolah SMP setiap kelas maksimal 32 orang.

Baca Juga:  Danyon Ichsan Hadiri Upacara Sertijab dan Pisah Sambut Danpas Pelopor Korbrimob di Depok


“Aturan ini berlaku untuk semua sekolah negeri sedangkan untuk sekolah swasta yang berada dibawah naungan Disdik Sinjai yang kita atur itu hanya daya tampungnya saja sedangkan untuk jalur penerimaan itu tidak kita atur,” jelasnya.

Dian berharap agar aturan ini bisa dipahami oleh seluruh orang tua siswa sebab menurutnya, tidak ada lagi perbedaan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

Baca Juga:  Dinkes Sinjai Gelar BLUD Puskesmas

“Kita pastikan bahwa semua sekolah sudah dijamin kualitasnya. Jadi tidak ada lagi sekolah favorit, semua sekolah sama dan semoga orang tua siswa dapat memahami aturan ini,” harapnya.

Adapun berkas yang harus dipersiapkan oleh para peserta didik baru mulai dari ijazah asal sekolah, Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

Sama dengan tahun sebelumnya, seluruh siswa baru dari tingkat SD dan SMP nantinya akan mendapatkan bantuan seragam gratis dan perlengkapan sekolah lainnya dari Pemkab Sinjai.

Komentar