oleh

Danyon C Kembali Dipercaya Jadi Assessor Dalam Assessment Kapolsek

Editor:

MAKASSAR, Jendela Satu— Dalam rangka mengembangkan potensi personel sesuai dengan kompetensi yang dimiliki serta mendapatkan calon pejabat yang cocok dalam suatu jabatan, Polda Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Assessment Center (AC) jabatan Kapolsek Prarural Tahun Anggaran 2022. Kamis, ( 10/03/2022).

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari di gedung Assessment Center Polda Sulsel dan dibuka oleh Kabag Binkar Biro SDM Polda Sulsel AKBP Budi Wahyono, dengan melibatkan  sejumlah assessor dari Satker / Satwil di jajaran Polda Sulsel.

Dalam arahannya saat membuka kegiatan AC,  Kabagbinkar Biro SDM Polda Sulsel  menjelaskan bahwa Assessment Center  ialah suatu metode penilaian yang terstandar guna menilai atau mengukur potensi dan prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu jabatan melalui beberapa simulasi atau alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan dan dilakukan oleh beberapa assesor.

Baca Juga:  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLHK bersama Bupati Sinjai Tanam Pohon

“Ada tiga metode yang kami gunakan dalam Assessment Center ini diantaranya CAT ( Computer  Assisted test ), LGD ( Leaderless Grup Discussion ) dan BEI ( Behavior Event Interview ) dengan menerapkan prinsip Multi Metode / Tools, Multi Assessor dan Integrasi,” tutur AKBP Budi.

Lebih lanjut mantan Kapolres Takalar ini berpesan kepada para peserta assesment agar menjadi diri sendiri dan tidak terpengaruh oleh orang kain sehingga hasil dari AC dapat lebih maksimal dan dapat dijadikan tolak ukur layak tidak nya menjabat sebagai Kapolsek.

Diantara nama-nama  Assessor yang dipanggil Polda Sulawesi Selatan sebagai assessor dalam AC jabatan Kapolsek Prarural salah satunya adalah  Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, yang telah  menjadi Assessor Polda Sulsel sejak tahun 2013.

Baca Juga:  Trend Balapan Lari Merambak di Kabupaten Sinjai

Disamping tugasnya memimpin Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, sebagai seorang Assessor Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan juga telah banyak berpartisipasi dalam berbagai kegiatan assessment di dalam dan luar lingkup Polda Sulsel, sehingga dalam kegiatan AC ini Danyon C Pelopor mengaku siap dan tidak ada kesulitan dalam menguji kompetensi terhadap para Assesi demi kemajuan institusi Polri.

Hal tersebut dikatakan oleh Danyon C Pelopor di sela- sela kegiatan AC jabatan Kapolsek Prarural tahun anggaran 2022 pagi tadi

Baca Juga:  Brimob Bone Gelar Bersih-Bersih Tempat Ibadah, Danyon Ichsan: Wujud Kepedulian Brimob

“Tentunya dalam kegiatan ini kami telah menyiapkan diri dan materi serta berkoordinasi dengan matang dengan para Assessor lain agar pelaksanaan Assessment Center berjalan dengan lancar dan sukses serta mendapatkan pers yang berkompeten dalam jabatannya demi kemajuan institusi Polri khususnya Polda Sulsel,” ungkap Kompol Nur Ichsan.

Pada kegiatan Assessment Center jabatan Kapolsek Pra rural tahun anggaran 2022 ini ada 17 peserta sebagai Assesi yang akan di uji kompetensi nya oleh 29 Assessor Polda Sulsel yang hadir dalam kegiatan ini.

Selain itu demi mencegah terjadinya penyebaran Covid 19, panitia penyelenggara tetao menerapkan protokol kesehatan ketat terhadap seluruh peserta Assessment.

Penulis: Taqwa

Komentar