oleh

Genting! Cadangan Minyak Indonesia Disebut Tinggal Berumur 9 Hingga 10 Tahun

Editor:

JAKARTA, Jendela Satu— Cadangan minyak di Indonesia dikabarkan hanya akan bertahan 9 hingga 10 tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan oleh Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

Dilansir dari Detik, ia mengatakan jika tidak ada cadangan untuk produksi, cadangan minyak Indonesia hanya akan berumur 9-10 tahun.

“Reserve to production, kalau kita nggak punya baru dengan konsumsi yang sekarang ya 9-10 (tahun),” katanya (10/02/2023).

Disamping itu, Arifin juga mengatakan bahwa Indonesia masih mempunyai potensi area baru yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan cadangan minyak.

Baca Juga:  Wahyu Desak Pimpinan DPRD Sinjai Bentuk Pansus Gegara Pengelolaan Keuangan Daerah Tidak Beres

“Kita juga masih punya kurang lebih 6-7 area potensi baru yang memang bisa kita kembangin dan ini bisa juga meningkatkan kita punya. Inilah taruhan kita sampai 2030, menuju road to 1 million (barel),” terangnya.

Ia menuturkan bahwa salah satu wilayah yang menyimpan potensi minyak dan gas bumi besar berada di Warim, Papua.

Potensi minyak di Warim mencapai 25.968 MMBO dan gas bumi 47,37 TCF, potensi gasnya dua kali dari Blok Masela dan sama dengan Natuna.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Air PDAM Sinjai Keruh

Namun, wilayah Warim ini masuk ke dalam Taman Nasional Lorentz.

“Warim gede, cuma kan masih kita harus selesaikan, bisa nggak kita upayakan, karena kalau Warim ini bisa kita kembangkan luar biasa Indonesia ini,” tuturnya..

Selain itu, untuk meningkatkan cadangan minyak, pemerintah mendorong pengembangan di Blok Cepu dan mendorong pengeboran di Blok Rokan.

“Sementara kegiatan-kegiatan di Cepu, menunjukkan juga ada harapan tambahan. Di Rokan dengan massive drilling kita bisa nurunin tren penurunan, targetnya di tahun ini ya di Rokan juga kita bisa nambah. Selain itu juga pengembangan ke depan dengan potensi-potensi area-area yang baru,” pungkasnya.

Baca Juga:  Refleksi Akhir Tahun, Lantunan Ayat Suci Al-Qur'an Bergema di Kota Sinjai

Sekadar diketahui, Blok Cepu merupakan wilayah kontrak minyak dan gas bumi yang meliputi wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban (Jawa Timur) dan Kabupaten Blora (Jawa Tengah).

Sedangkan Blok Rokan merupakan blok minyak terbesar di Indonesia yang terletak di lima kabupaten di Riau, yaitu Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu dan Rokan Hilir.

Penulis: Firdaus

Komentar