oleh

Di Hadapan Gubernur Sulsel, Bupati Sinjai Beberkan Capaian Pembangunan Sinjai pada Perayaan HJS ke-459

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Acara Puncak Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459 digelar dengan meriah yang  berlangsung di Halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, di Jalan Persatuan Raya Sinjai. Senin, (27/2/2023).

Pada puncak peringatan HJS ke-459 ini dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa di hadapan Gubernur Sulsel dan para tamu undangan mengatakan, momen peringatan HJS kali ini merupakan momen yang sangat penting.

Seperti peringatan-peringatan sebelumnya dimana, momen ini dijadikan untuk menyampaikan capaian hasil pembangunan.

Berangkat dengan Visi Pembangunan Kabupaten Sinjai 2018-2023, yaitu “Terwujudnya Masyarakat Sinjai yang Mandiri, Berkeadilan, dan Religius melalui Peningkatan Sumber daya Manusia yang Unggul dan Berdaya Saing”, yang tertuang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Baca Juga:  Tim Pengendali Teknis Inspektorat Sulsel Sambangi Sinjai

Pembangunan dari bidang pelayanan publik, infrastruktur, kesehatan, keagamaan, peternakan, pertanian hingga bidang perikanan dan kelautan yang telah direalisasikan ditengah masyarakat sejak awal kepemimpinannya.

“Program dan kegiatan tersebut telah bersama-sama kita jalankan dalam lima tahun terakhir, meskipun keuangan daerah cukup terpengaruh akibat berbagai kebijakan yang memberatkan pemerintah daerah dalam tiga tahun terakhir, namun kita tetap mampu melahirkan pencapaian-pencapaian di berbagai sektor sesuai dengan harapan,” ucapnya.

Salah satu dari sejumlah program yang menjadi prioritas dan terus direalisasikan hingga tahun kelima kepemimpinannya adalah di bidang keagamaan berupa mencetak Hafizh atau penghafal Al-Qur’an.

Program ini perwujudan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang beriman dan bertaqwa. Program ini telah mencetak 90 Hafizh hingga tahun 2022, dan dilanjutkan tahun ini dengan sasaran 30 Hafizh.

Baca Juga:  Jalannya Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Desa Bonto Datangi DPRD Sinjai

Selain itu, program pemberian insentif untuk para petugas keagamaan dalam 5 tahun terakhir dengan jumlah total 3.209 orang, mulai dari imam masjid, guru mengaji, penjaga makam, muadzin hingga marbot masjid.

Bahkan yang terbaru, Pemkab Sinjai menjalin kerja sama dalam pembentukan Penghafal Al-Qurán dan Pengkaderan Ulama dengan Quantum Akhyar Institute yang dibina oleh ustad Adi Hidayat. Berkaitan dengan pembangunan keagamaan, baru-baru ini kita telah membentuk yayasan Islamic Center Andi Rudiyanto Asapa,

“Semoga ke depan masih lebih banyak lagi perhatian yang kita dapatkan agar perkembangan syiar Islam di Bumi Panrita Kitta ini bisa semakin luas,” ujarnya.

Baca Juga:  Polisi: OTK Rusak Kantor Desa, Bukan Sekretariat Penyelenggara Pemilu

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan bahwa Pemkab Sinjai telah menjalin kolaborasi yang baik dengan Pemprov Sulsel dan Pemerintah Pusat dalam percepatan pembangunan.

“Tentu kita sama-sama mendukung pembangunan di Kabupaten Sinjai. Alhamdulillah kemarin kita melewati masa-masa sulit, dan Sinjai bisa survive khususnya dalam peningkatan perekonomian,” tutupnya.

Pada puncak peringatan HJS Ke-459, juga turut dihadiri sejumlah tokoh penting, mulai dari tokoh nasional H. A. M. Nurdin Halid, dr. Hj. Felicitas Andi Rudiyanto Asapa, Mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin dan seluruh jajaran Pemkab Sinjai menghadiri puncak HJS Ke-459, para pimpinan Forkopimda, instansi vertikal.

Komentar