oleh

Di Sinjai Ada Gerakan Pasar Murah, Solusi Bagi Masyarakat di Tengah Harga Bahan Pokok Meroket

Editor:

SINJAI, Jendela Satu— Gerakan Pangan Murah (GPM)  yang digelar Pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai disambut antusias oleh masyarakat. Rabu, (20/12/2023).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Sinja, Jalan  H. A. Abdul Katif, Kelurahan Baringere, Kecamatan Sinjai Utara.

Menurut, Jusmiati, salah seorang ibu rumah tangga yang ditemui dilokasi kegiatan bahwa dengan kehadiran gerakan pangan murah atau pasar murah tni sangat membantu masyatakat terutama dirnya dalam memenuhi kebutuhan pokok yang dibutuhkan.

“Bagi kami pasar murah ini sangat  membantu sekali. Harganya lebih murah, dibanding dipasaran,” katanya.

Baca Juga:  Caleg DPRD Nomor 1 Partai PKB Akan Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Dapil Sinjai II

Dikatakan, di tengah naiknya harga sejumlah barang kebutuhan pokok dipasaran, pasar murah ini dapat meringankan beban masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Sinjai, Sofwan mengatakan kegiatan ini sebagai upaya pemerintah daerah menekan inflasi. Selain itu guna memastikan ketersediaan pangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan gerakan pangan murah jelang akhir tahun 2023 ini disambut atusias oleh masyarakat, pasalnya, harga kebutuhan pokok yang disediakan lebih muran dibanding dipasaran,” tandasnya.

Baca Juga:  Buruan Mendaftar! Bawaslu Sinjai Akan Rekrut Panwascam

Adapun kebutuhan pokok yang dijual dilokasi pasar murah seperti beras, minyak goreng gula pasir dan telur, termasuk cabai, toma, bawang merah, bawang putih dan beberapa kebuthan pokok lainnya.

“Untuk beras premium hanya dijual Rp.60 ribu/5 Kg, beras Medium Rp.51 ribu/5 Kg. Telur Rp.40 ribu/ rak, sedangkaan cabai rawit haya Rp.70 ribu/Kg, cabai keriting Rp.40 ribu /Kg begitu dengan yang lainnya, yang jelas ada perbedaan harga dari harga di pasaran,” pungkasnya.

Dikatakan, dalam kegiatann ini, pemerintah daerah bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional. Bulog dan beberapa pihak lainnya termasuk melibatkan sejumlah pelaku UMKM.  kegiatan ini kata dia bukan baru kali ini namun telah dilaksanakan sebelumnya dibulan juli dan bulan september kemarin..

Baca Juga:  Cerita Korban Kebakaran Pasar Sentral Sinjai Mas Min, Baru 3 Hari Keluarkan Modal Tapi Hangus Terbakar

Gerakan Pangan murah jelang akhir tahun ini kembali akan dilaksanakan, Kamis (21/21/2023) besok di Halaman Mesjid Jamil Nailul Maram, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.

Sementara itu, Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah  menyampaikan bahwa program gerakan pangan murah ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap kebutuhan masyarakat.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dimafaatkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” kuncinya.

Penulis: TA/AT

Komentar